Tunjungan Romansa Potensi Besar Mengembangkan UMKM

Tunjungan Romansa Potensi Besar Mengembangkan UMKM

UMKM di Tunjungan melayani pembeli. --

SURABAYA, MEMORANDUM-Tunjungan Romansa menjadi salah satu tempat yang patut dikunjungi. Kawasan ini menyuguhkan perpaduan konsep lifestyle, modern dan wisata heritage. Setiap sore-malam di kawasan ini menawarkan beragam kuliner dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopumdag) Surabaya. 

Dalam hal ini, Dinkopumdag Kota Surabaya turut menggandeng para UMKM sebagai upaya untuk memperkuat ekonomi kerakyatan. 

Dewi Soeriyawati selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan mengatakan bahwa kawasan ini memiliki potensi yang besar untuk pengembangan UMKM.

BACA JUGA:Omzet Pedagang Tunjungan Romansa Sehari Capai Rp 2 Juta

"Jalan Tunjungan merupakan kawasan yang memiliki potensi besar untuk pengembangan UMKM. Dengan begitu Dinkopumdag menggandeng UMKM sekitar, dan UMKM binaan dengan memberikan pendampingan, pelatihan," kata Dewi. 

BACA JUGA:Video : Jalan-Jalan di Tunjungan Romansa

Seperti diketahui kawasan Tunjungan Romansa setiap sore-malam kawasan ini selalu dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Geliat Tunjungan Romansa ini turut menetes pada warga setempat dan pelaku UMKM. 

"Jelas iya karena UMKM disana kan pasti ikut berjualan. Dan ketika ada event event yang sering di laksanakan di Jalan Tunjungan pasti melibatkan UMKM Genteng, " kata Dewi kepada Memorandum. 

Menurutnya UMKM di Jalan Tunjungan dapat berkembang dan menjadi salah satu penggerak ekonomi kerakyatan di Surabaya. 

Tak hanya sekadar suguhan kuliner UMKM dan pertunjukan kesenian. Namun, di kawasan tersebut, pemkot juga mengkolaborasikan dengan 12 objek wisata heritage yang telah ditetapkan menjadi cagar budaya. Sejak zaman dahulu, kawasan Jalan Tunjungan ini memiliki banyak history sejarah. Bahkan, kawasan ini sangat erat kaitannya dengan Kemerdekaan Indonesia. 

Misalnya saja Hotel Yamato kini dikenal dengan Hotel Majapahit di Jalan Tunjungan Nomor 65. Sudut tempat perobekan bendera masih bisa dilihat hingga saat ini. 

Tak jarang tujuan mereka datang ke kawasan ini untuk sekadar menghabiskan waktu luang berkumpul dengan teman. Memiliki suasana instagranable, pengunjung juga mengabadikan foto. Bahkan tempat ini juga kerap dijadikan foto praweding karena Jalan Tunjungan memiliki pesona yang menarik. (alf)

Sumber: