Raih Penghargaan Gubernur Jatim, Bagong Dekaka Makmur Tahun 2024 Target Miliki Sertifikat ISO

Raih Penghargaan Gubernur Jatim, Bagong Dekaka Makmur Tahun 2024 Target Miliki Sertifikat ISO

Direktur keuangan Bagong menerima penghargaan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.--

MALANG, MEMORANDUM- PT Bagong Dekaka Makmur yang menaungi PO. Bagong, satu-satunya perusahaan transportasi di Jawa Timur, yang menerima penghargaan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada Direktur Keuangan PT Bagong Dekaka Makmur, Sandi Suwito Susilo, di PT. Ajinomoto Mojokerto. Kamis, 11 Januari 2024.

Penghargaan yang diterima ini atas program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). PT. Bagong Dekaka Makmur selama 1.984.998 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja. Terhitung mulai 1 Januari 2018 sampai 31 Oktober 2023.

BACA JUGA:Dukun Pijat Pemutilasi di Malang Sudah Menangani 75 Pasien

"Penghargaan K3 yang kami terima kali keduanya, pertama tahun 2022 lalu, tapi jam kerja lebih rendah. Sedangkan pada tahun 2023 kami kembali mendapat, penghargaan yang sama. Artinya kami bisa mempertahankan penghargaan yang kami dapat," ujar Sandi Suwito Susilo Direktur keuangan, Kamis, 11 Januari 2024.

BACA JUGA:Kesehatan Jadi Unsur Penting Kesiapan Polres Malang dalam Pengamanan Pemilu Secara Menyeluruh

Sandi menjelaskan, pihaknya dalam menciptakan zero inciden menerapkan beberapa program, yang dilakukan management PT. Bagong Dekaka Makmur untuk meraih penghargaan K3. Salah satunya dengan mendisiplinkan seluruh karyawan, terutama terkait dengan keselamatan kerja. 

"Pada pagi hari sebelum memulai kegiatan rutin, setiap manager bagian melaksanakan program P5M. Yaitu pembicaraan 5 menit kepada personilnya," kata Sandi.

Masing-masing manager departemen, lanjut Sandi, memberikan arahan atau peringatan soal K3 kepada personilnya. Kemudian setiap hari Senin, dilakukan evaluasi seluruh general departemen terkait Safety Talk di setiap divisi. Dengan menjalankan program tersebut, diharapkan setiap karyawan selalu menerapkan program yang dicanangkan perusahaan.

Program terkait menjaga K3 pada setiap karyawan tanpa terkecuali ini sehingga selama ini tidak sampai ada kejadian yang berkaitan dengan kecelakaan kerja. Dengan begitu PT. Bagong Dekaka Makmur meraih penghargaan, dua tahun berturut-turut tersebut. 

Dengan raihan penghargaan zero inciden secara berturut-turut tersubut, maka pada tahun 2024 ini perusahaan mematok target lebih tinggi, bahwa di tahun 2024 harus bisa meraih sertifikasi ISO 45001 dan 9001.

"Di tahun 2024 ini kita harus Zero Accident kembali, untuk meraih penghargaan zero inciden dan kita running sertifikat ISO 45001 terkait keselamatan kerja dan sertifikat 9001 terkait motto,” tambah Sandi.

Diketahui, ISO 45001 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Sedangkan, ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu.

"Untuk mencapai tadi awalnya kalau di kita ada visi misi, untuk mencapai visi misi kita harus punya covalue. Kita memiliki motto yang disebut 'KAIDAH', akronim dari Kerjasama, Amanah, Integritas, Disiplin, Ahli Dibidangnya, dan Harmonis," jelas Sandi. 

Sumber: