Lamongan Raih Penghargaan K3 Empat Kategori Sekaligus

Lamongan Raih Penghargaan K3 Empat Kategori Sekaligus

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menyerahkan anugerah penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada Bupati Yuhronur Efendi dan 47 perusahaan di Lamongan-Biro Lamongan-

LAMONGAN, MEMORANDUM - Penganugerahan penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada Bupati Yuhronur Efendi dan 47 perusahaan di LAMONGAN, berhasil meraih empat kategori sekaligus.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pada kegiatan apel peringatan dimulainya bulan K3 tahun 2024 Provinsi Jawa Timur, di halaman PT Ajinomoto Mojokerto, Kamis 11 Januari 2024.

Kategori pertama ialah Pembina K3 terbaik di Jawa Timur yang diterima langsung oleh Bupati Lamongan, lalu ada kategori zero accident award (kecelakaan nihil) yang diterima 29 perusahaan.

Adapun kategori sistem manajemen K3 (SMK3) yang diterima empat perusahaan, dan kategori program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS (P2HIV-AIDS) yang diterima oleh empat belas perusahaan.

BACA JUGA:Hari Ibu, Pemkab Lamongan Dapat Kado Spesial dari Gubernur Jatim

Penghargaan K3 yang diterima enam belas tahun berturut-turut ini merupakan wujud komitmen Kabupaten Lamongan dalam membudayakan K3 dalam dunia kerja. 

Karena salah satu kunci penting dalam pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul ialah membangun budaya keselamatan dan kesehatan kerja yang baik.

“Penghargaan ini akan terus kita jadikan acuan penerapan budaya K3 dalam dunia kerja, sehingga akan tercipta lingkungan kerja yang memenuhi unsur kesehatan, keamanan, dan keselamatan kerja.

Selain itu juga tentu akan menekan angka kecelakaan kerja,” tutur Bupati Lamongan yang akrab disapa Pak Yes usai menerima penghargaan pagi ini.

BACA JUGA:Pemkab Lamongan Unjuk Kesiapan Mitigasi Bencana Alam

Menurut orang nomor satu di Kota Soto, maintenance sumber daya manusia harus dilakukan untuk mengimbangi komitmen menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Karena dalam dunia kerja, sumber daya manusia menjadi investasi paling penting.

“Lamongan memiliki komitmen untuk menciptakan SDM yang unggul dan berdaya saing, namun kami juga berkomitmen untuk selalu melakukan maintenance terhadap seluruh SDM. 

Karena dengan SDM yang unggul pasti akan mendukung sustainable pada lingkup dunia kerja,” tambah Pak Yes.

Saat bertindak memimpin Apel Gubernur Khofifah mengungkapkan bahwa program K3 dipastikan akan menekan kerugian dan meningkatkan kualitas hidup serta indeks pembangunan manusia di wilayah masing-masing.

Sumber: