Inilah Solusi Tepat Hentikan Kebiasaan Memencet Jerawat

Inilah Solusi Tepat Hentikan Kebiasaan Memencet Jerawat

ilustrasi kompres kulit wajah dengan air hangat--

SURABAYA, MEMORANDUM - Banyak orang yang memiliki kebiasaan memencet jerawat sembarangan. Padahal, kebiasaan tersebut justru bisa berakibat buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit. 

Kebanyakan orang beranggapan bahwa memencet jerawat adalah solusi cepat untuk menghilangkannya. Padahal, kebiasaan ini berisiko menyebabkan jerawat semakin meradang dan membesar sehingga meninggalkan bekas jerawat.

BACA JUGA:Inilah 4 Makanan yang Dapat Memicu Timbulnya Jerawat

BACA JUGA:Inilah 5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Berjerawat

Berikut Tips Menghilangkan Jerawat Tanpa Memencetnya

1. Berikan kompres hangat

Rendam kain dengan air hangat, lalu kompres jerawat selama 10–15 menit dan ulangi beberapa kali sehari. Cara ini bisa meredakan rasa sakit akibat jerawat dan membuka pori-pori agar jerawat lebih mudah kering atau pecah dengan sendirinya.

2. Oleskan obat jerawat

Cara lain yang bisa Anda lakukan selain memencet jerawat adalah menggunakan obat jerawat. Bahkan, metode ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. 

BACA JUGA:Jerawat Batu: Penyebab, Pengobatan, dan Cara Mencegahnya

BACA JUGA:6 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Meradang

3. Gunakan bahan alami

Untuk mengatasi jerawat, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti soda kue, tea tree oil, atau madu. Bahan-bahan tersebut dipercaya dapat membantu jerawat lebih cepat kempis.

Selain menggunakan bahan alami di atas, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau, lidah buaya, dan rumput laut mampu menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Sumber: