Tekan Laka Lantas, Satlantas Bersama Satreskoba Tes Urine Driver Angkutan Umum

Tekan Laka Lantas, Satlantas Bersama Satreskoba Tes Urine Driver Angkutan Umum

Petugas dari Satlantas Polres Malang saat lakukan tes urine.--

MALANG, MEMORANDUM-Semakin tingginya angka kecelakaan Lulintas ( Lakalantas), Satlantas bersama Satreskoba Polres Malang melakukan tes kesehatan pada para sopir (driver) Mobil Penumpang Umum (MPU) dan mobil barang.

"Kegiatan ini salah satu pencegahan terjadinya laka lantas terutama pada mobil penumpang," ujar, AKP. Adis Dani Garta Kasatlantas Polres Malang.

Adis mengungkapkan, tes kesehatan yang dilakukan pada sopir angkutan umum, berupa tes urine, tekanan darah dan juga kelaikan kendaraan. Karena pada inti penyebab kecelakaan itu banyak faktor, tidak hanya disebabkan atas kelalaian tapi juga bisa diakibatkan dari kendaraan itu sendiri.

BACA JUGA:Angka Penegakan Hukum Polres Malang Alami Peningkatan

Apalagi saat ini masih pada momen digelarnya operasi lilin dan juga sebagai pengamanan menghadapi liburan menyabut tabun baru 2024. Dapat dipastikan kegiatan masyarkat dalam menyabut momen, pergantian tahun akan dilakukan pada lokasi atau tempat wisata.

BACA JUGA:Tim Jibom Sterilisasi Sejumlah Gereja di Kota Malang

"Pada momen tersebut pasti kendaraan angkutan umum, akan banyak mengakut orang pada tujuannya," kata, Adis.

Sebagai upaya menurunkan angka laka lantas, lanjut Adis, pihaknya tidak saja melakukan tes urine dan kesehatan bagi para driver. Pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi pada masyarakat umum, terutama pada momen operasi lilin 2023.

Pihak Satlantas juga mendirikan 9 pos, salah satunya merupakan pos pelayanan terpadu di Karanglo, kemudian pos pam ada 5 titik terletak di Lawang, Tumpang, Kepuharjo, Kebonagung dan di perempatan Balekambang. Sedangkan untuk pos pantau ada di Jalibar, Pakis dan Bululawang.

"Kalau rekayasa lalin kita fokuskan diwilayah utara, terutama pada perempatan Karanglo. Serta jalur yang menuju kota wisata Batu, sebagai jujukan para wisatawan yang masuk wilayah Malang," imbuh, Adis.

Semua itu dilakukan pihak Satlantas Polres Malang, demi terciptanya kelancaran lalulintas untuk kenyamanan para pengguna jalan. Terutama bagi masyarakat yang akan menikmati liburan, mereka terasa nyaman dan aman tanpa adanya hambatan. Terutama terhindar dari bencana yang tidak di inhinkan bersama, yaitu terjadinya kecelakaan. (kid)

Sumber: