AKBP Wimboko, Perwira yang Sukses Ungkap Sejumlah Kasus Besar Kini Jabat Wakapolrestabes Surabaya

AKBP Wimboko, Perwira yang Sukses Ungkap Sejumlah Kasus Besar Kini Jabat Wakapolrestabes Surabaya

Wakapolrestabes Surabaya AKBP Wimboko. --

SURABAYA, MEMORANDUM - Wakapolrestabes Surabaya AKBP Wimboko bukan orang baru di jajaran Polrestabes Surabaya.

Lulusan Akpol 2001, itu pernah menjabat Kasat Intelkam Polrestabes Surabaya menggantikan AKBP Asmoro, SH diserahterimakan kepada AKBP Wimboko pada bulan Oktober 2019.

Setelah menjabat Kasat Intelkam, Wimboko kemudian memegang tongkat komando sebagai Kapolres Bondowoso pada bulan Februari 2022, menggantikan AKBP Herman Priyanto.

Selanjutnya, pada Mei 2023, Wimboko pindah tugas sebagai Kapolres Ponorogo selama delapan bulan. Pada Bulan Desember 2023, pindah tugas sebagai Wakapolrestabes Surabaya.

Sedangkan jabatan Kapolres Ponorogo, diisi oleh AKBP Anton Prasetyo yang sebelumnya menduduki posisi sebagai Kapolres Madiun.

BACA JUGA:Alumni Sidogiri Bondowoso Nobatkan AKBP Wimboko Sebagai Tokoh Penggerak Gerakan Subuh Keliling

Usai melanglang buana menjabat tongkat komando di polres jajaran Polda Jatim, Wimboko kembali ke "barak" sebagai orang nomor dua di jajaran Polrestabes Surabaya.

Wimboko mengatakan, setelah sertijab pada Kamis (21/12/2023) di Mapolrestabes Surabaya, langsung mengemban tugasnya dengan meneruskan program-program Kapolrestabes Surabaya Kombespol Pasma Royce.

"Tugas saya membantu seluruh kegiatan Bapak Kapolrestabes, termasuk menjaga kamtibmas Kota Surabaya dan mensukseskan pemilu 2024," kata Wimboko kepada Memorandum, Minggu (24/12/2023).

Berdasarkan penelusuran jejak digital yang diperoleh Memorandum sejumlah prestasi membanggakan pernah diraih oleh Wimboko. Pada Sabtu 4 Maret 2023, ia menyandang gelar Magister Sains (M.Si) dari Universitas Airlangga Surabaya.

Hal itu, tidak lepas dari ketekunannya menimba ilmu sembari mengabdi kepada negara. Wimboko berhasil menyelesaikan Program Studi Kajian Ilmu Kepolisian pada sekolah Pascasarjana.

Selama menjabat Kapolres Bondowoso, Wimboko sangat gencar turut serta dalam pembangunan daerah. Bahkan sempat menerima penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

BACA JUGA:Lepas Atlet Voli Bondowoso ke Porprov, AKBP Wimboko: Pulang Bawa Kesuksesan

Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen dan kerja keras dalam mendorong percepatan pembangunan desa di wilayah Kabupaten Bondowoso .

Selain itu membuat program SULING (Subuh Keliling). Suling ini adalah program Wimboko untuk turut serta dalam pembangunan dengan para polisi melakukan Subuh Keliling.

Usai masa jabatan sebagai Kapolres Bondowoso habis, Wimboko selama 8 bulan bertugas di Polres Ponorogo. Sejumlah kasus besar berhasil diungkap, dimulai dengan pengungkapan tindak pidana penjualan orang (TPPO) pada bulan Juni 2023 lalu.

Kasus pembunuhan berencana purnawirawan TNI di Desa Semanding Kecamatan Jenangan dengan tersangka JR, 21 tahun warga Kabupaten Merangin Provinsi Jambi serta AAF, 16 tahun yang merupakan pelajar warga Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, pada Juli lalu.

Terbaru yakni, perampokan yang terjadi di Hotel Harmoni kawasan telaga Ngebel Ponorogo dengan tersangka YM 35 tahun pada awal November lalu. (*)

Sumber: