Optimalisasi dan Pengolahan Akses Pangan Sehat dari Komoditas Desa Randuputih di Posyandu Ibu Hamil dan Balita

Optimalisasi dan Pengolahan Akses Pangan Sehat dari Komoditas Desa Randuputih di Posyandu Ibu Hamil dan Balita

Posyandu balita dan ibu hamil merupakan program rutin tiap bulannya yang diselenggarakan oleh desa dan dilaksanakan oleh Ibu-Ibu Kader PKK.--

Penulis: Bellatrix

 

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kelompok 01 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur membantu pelaksanaan Posyandu balita dan ibu hamil di Dusun Randulimo Desa Randuputih Kecamtan Dringu Kabupaten Probolinggo, Rabu, 13 Desember 2023.

 

Posyandu balita dan ibu hamil merupakan program rutin tiap bulannya yang diselenggarakan oleh desa dan dilaksanakan oleh Ibu-Ibu Kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Divisi Acara kelompok 01, Riky mengatakan, keikutsertaan dalam membantu kegiatan.

 

“Dalam hal ini, mahasiswa membantu para kader Posyandu untuk melakukan penimbangan dan pengukuran tinggi badan pada balita, sedangkan untuk ibu hamil dilakukan penimbangan berat badan dan pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA),” katanya.

 

Posyandu ini dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menjalin hubungan baik terhadap masyarakat dan membantu pelaksanaan selama Posyandu berlangsung.

 

Selain itu, kelompok 01 KKNT juga membuat pengolahan pangan yaitu agar-agar dari daun kelor dan leaflet menu sehat yang mudah didapatkan dari salah satu komoditas Desa Randuputih

 

“Saya berharap para mahasiswa dapat mengajak ibu-ibu yang memiliki balita untuk mengikuti Posyandu rutin tiap bulannya yang telah diselenggarakan,” ujarnya.(*)

 

 

Sumber: