Sosok Brigjenpol Nurul Azizah: Polwan Pertama Jubir Mabes Polri

Sosok Brigjenpol Nurul Azizah: Polwan Pertama Jubir Mabes Polri

Brigjenpol Dr Nurul Azizah SIK MSi.-Istimewa-

JAKARTA, MEMORANDUM - Dari 45 perwira tinggi (pati) Polri yang naik pangkat atau menjalani korps raport, berdasarkan surat telegram Nomor ST/2749/XII/KEP/2023 dan ST/2750/XII/KEP/2023 tertanggal 7 Desember 2023, ada sosok polisi wanita (polwan) yang menjadi jenderal. 

Dia adalah Brigjenpol Dr Nurul Azizah SIK MSi yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri. Wanita yang wajahnya sering muncul di televisi itu kini dipromosikan menjadi Dirprog Sarjana STIK Lemdiklat Polri.

BACA JUGA:45 Pati Polri Naik Pangkat, Ada 1 Polwan

Jabatan yang diemban pati Bintang satu asal dari Banyubiru, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah itu, bisa dikatakan bukan hal baru. 

Sebab, sebelum menempati posisi juru bicara (jubir) Polri pada Juni 2022 setelah ditunjuk Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Nurul Azizah menjabat Kepala Prodi S-3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri.

Nurul Azizah merupakan polwan pertama yang diamanahi sebagai juru bicara Mabes Polri. Polwan kelahiran 5 November 1972, semasa menjadi anggota Polri banyak menghabiskan waktunya untuk belajar.

 

Berikut karir dan rekam jejak Brigjenpol Dr Nurul Azizah SIK MSi: 

1. Tahun 1992 (Kursus Dasba Operator Komputer Hankam).

2. Tahun 1994-1997 (Pendidikan D3 Ilmu Kepolisian).

3. Tahun 1998 (Pendidikan Setukpa Polwan, pangkat Letnan Dua atau Inspektur Polisi Dua ditugaskan sebagai Perwira Pertama Staf Personel di Mabes ABRI).

4. Tahun 2000 (Mabes Polri sebagai Staf Perencanaan Umum dan Anggaran).

5. Tahun 2005 (Berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) melanjutkan jenjang pendidikan S-1 di PTIK/STIK).

6. Tahun 2009 (Berpangkat Komisaris Polisi (Kompol).

Sumber: