Mata Berair Terus? Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Mata Berair Terus? Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

-Ilustrasi-

MEMORANDUM - Mata berair terus bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari alergi hingga tersumbatnya saluran air mata. Bila tidak segera ditangani, keluhan ini tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penglihatan.

Mata berair terus terjadi ketika kelenjar air mata menghasilkan air mata secara berlebihan. Air mata sendiri berfungsi untuk melembapkan mata serta membersihkan kotoran di dalam atau di sekitar mata. Namun, air mata yang jumlahnya yang terlalu banyak justru bisa membuat mata menjadi kurang nyaman dan penglihatan menjadi kurang jelas.

BACA JUGA:Selain Terkenal Menjaga Kesehatan Mata Berikut Khasiat Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Meski terkesan ringan, mata berair terus sebaiknya tidak dianggap sepele, terlebih ketika keluhan tersebut sudah mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini karena mata berair terus bisa saja disebabkan oleh kondisi yang membutuhkan penanganan khusus.

 

Beragam Penyebab Mata Berair Terus

Beberapa kondisi ringan, seperti alergi dan iritasi, bisa membuat mata memproduksi lebih banyak air mata sehingga Anda mengalami mata berair. Selain itu, mata berair terus juga bisa disebabkan oleh kondisi lain. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Alergi

Penyebab paling umum mata berair terus adalah alergi. Alergi pada mata dapat dipicu oleh paparan debu, serbuk sari, asap rokok, polusi, atau bulu hewan peliharaan yang masuk ke dalam mata.

Alergi pada mata bisa membuat mata berair, merah, gatal, dan bengkak. Keluhan ini bisa berlangsung selama beberapa jam sampai berhari-hari. Pada sebagian kasus, mata berair terus akibat alergi mungkin saja disertai dengan gejala alergi lainnya, seperti batuk, pilek, dan hidung tersumbat.

BACA JUGA:Era Serba Digital, Jaga Kesehatan Mata Sejak Dini dengan Konsumsi Makanan Berikut

2. Iritasi mata

Mata berair terus juga bisa disebabkan oleh iritasi mata. Kondisi ini bisa terjadi akibat paparan zat kimia yang bersifat iritatif pada mata atau penggunaan lensa kontak yang terlalu lama dan tidak tepat.

Bila mengalaminya, mata Anda akan menjadi kemerahan, gatal, sensitif terhadap cahaya, dan mengeluarkan air mata secara terus-menerus yang tentunya dapat menganggu kegiatan sehari-hari.

Sumber: