Bentuk Pengawas TPS, Bawaslu Surabaya Minta Panwascam Rekrut Kader Terbaik

Bentuk Pengawas TPS, Bawaslu Surabaya Minta Panwascam Rekrut Kader Terbaik

Bawaslu Surabaya menggelar rakor yang dihadiri oleh panwascam.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Jelang dimulainya Pemilu serentak 2024, Bawaslu Surabaya mengimbau kepada jajaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk melakukan rekrutmen anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dengan tepat dan efisien, Kamis, 14 Desember 2023.

Anggota Bawaslu Surabaya Teguh Suasono Widodo menyampaikan, Pengawas TPS dibentuk paling lambat 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan dibubarkan paling lambat 7 hari setelah hari pemungutan suara.

Jika mengacu pada ketentuan tersebut, maka jadwal pendaftaran PTPS Pemilu 2024 dimulai pada 22-23 Januari 2024 mengingat Pemilu 2024 dilaksanakan pada 14 Februari.

"PTPS memegang peran krusial sebagai garda terdepan yang mengawasi pemilu, khususnya pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) sebagai inti dari pelaksanaan pemilu. Dengan kinerja yang singkat, maka Bawaslu Surabaya memerlukan kader terbaik yang akan mengawasi jalannya Pemilu 2024," terang Teguh.

BACA JUGA:Baliho di Pohon dan Tiang Listrik Dilarang, Bawaslu Surabaya Bakal Tertibkan

Teguh menambahkan, PTPS menjadi elemen sentral dalam pengawasan pemilu. Sebab, momen tungsura nantinya akan menjadi tempat konsultasi di TPS.

"Melalui evaluasi pemilu-pemilu sebelumnya, PTPS ini menjadi tempat konsultasi saat di TPS. Oleh sebab itu, Bawaslu Surabaya akan rekrutmen untuk mencari PTPS yang mampu bekerja dengan baik guna mencegah pelanggaran," tuturnya.

Sementara itu, Teguh menilai proses perekrutan PTPS terbantu dengan adanya regulasi terbaru. "PTPS yang awalnya syarat 25 tahun sekarang diturunkan menjadi 21 tahun. Bahkan apabila tak ada, bisa di bawah 21 tahun. Minimal usia 17 tahun dengan mengikuti ketentuan," terang dia.

Kemudian dalam perekrutan PTPS, nantinya Panwascam yang melakukan perekrutan. Namun tentunya dengan super visi dari Bawaslu Surabaya.

BACA JUGA:Pojok Pengawasan Diresmikan, Bawaslu Surabaya Ajak Masyarakat Pro Aktif Kawal Pemilu 2024

"Panwascam nanti yang akan melakukan rekrutmen dengan membentuk PTPS yang tangguh dan setelah rekrutmen bisa segera bekerja," ungkap alumnus Unibraw Malang tersebut.

"Lalu setelah perekrutan, PTPS bakal mendapatkan pembekalan pada Januari 2024," pungkas Teguh.(bin)

Sumber: