Raih Top Digital Award, Pj Wali Kota Malang Ingin Layanan Digital Makin Handal

Raih Top Digital Award, Pj Wali Kota Malang Ingin Layanan Digital Makin Handal

(tiga dari kiri) Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat didampingi Kepala Dinas Kominfo KotaMalang Muhammad Nur Widianto saat prosesi penerimaan penghargaan.--

 

 

 

 

JAKARTA, MEMORANDUM-Kemajuan dalam membenahi keamanan informasi, tata kelola dan layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) menghantarkan Kota Malang meraih apresiasi Top Digital Award 2023, di Hotel Raffles, Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

BACA JUGA:Bank Jatim Boyong Dua Penghargaan TOP Digital Awards 2023

Tema kegiatan yang mengangkat isu "IT Governance and Cyber Security in Innovation of Business and Services" ini selaras dengan upaya Pemkot Malang menghadirkan layanan digital yang semakin baik, mudah dan aman bagi masyarakat.

BACA JUGA:Rakernis SDM, Kapolda Jatim Launching Mars Polda Jatim dan Aplikasi Semeru Gassus Presisi

Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM memaknai apresiasi dari kancah nasional ini sebagai motivasi mengawal transformasi digital yang menjadi salah satu arah kebijakan prioritas nasional dan daerah.

“Digitalisasi di Pemkot Malang harus makin berdampak baik bagi warga. Tidak asal digital tapi harus benar-benar handal. Jadi kami terimakasih atas penilaian ini yang tentu harus kita tingkatkan terus kedepannya,” terang Wahyu.

Wahyu menyebutkan perlu adanya upaya untuk menjaga keamanan informasi. “Memang ancamannya serangan siber makin serius saat ini. Tentu kita jadikan perhatian agar tidak sampai mengganggu atau merugikan masyarakat. Apalagi mau Pemilu sebentar lagi, jadi ajang ini juga kita jadikan kesempatan pembelajaran,” jelasnya.

Kota Malang meraih 3 penghargaan setelah melalui proses penilaian dari dewan juri yang dipimpin Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komunikasi Indonesia, Prof Dr Rer nat Achmad Benny Mutiara QN SSi SKom.

Yakni, Top Digital Implementation Level Bintang 5, Top Digital Leader atas kepemimpinan dan kebijakan Wali Kota Malang dan Top Chief Information Officer (CIO) atas penguatan manajemen dan tata kelola digital pada Diskominfo Kota Malang.

Ini tak lepas dari komitmen kebijakan dan sederet langkah strategis yang telah dijalankan seperti penetapan Peraturan Walikota Malang Nomor 8 Tahun 2023 tentang SPBE, Pembentukan tim SPBE dan tim Computer Security Incident Respons Team (CSIRT), sertifikasi talenta digital, serta raihan Sertifikat ISO 27001:2022.

Sumber: