Jarang Disadari! Beragam Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Dapat Mengatasi Kram

Jarang Disadari! Beragam Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Dapat Mengatasi Kram

manfaat semangka untuk ibu hamil--

SURABAYA, MEORANDUM - Semangka merupakan buah yang memiliki cita rasa manis dan mengandung air yang banyak sehingga menyegarkan untuk disantap ibu hamil.

Tidak hanya itu buah semangka memiliki Manfaat beragam bagi ibu hamil ini dikarenakan berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah semangka bermanfaat dalam mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

BACA JUGA:Pohon Kelapa Seribu Manfaat

BACA JUGA:Manfaat Infused Water bagi Kesehatan: Meningkatkan Hidrasi dan Detoksifikasi Tubuh

Berikut Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

1. Mengatasi kram

vitamin B5 yang terdapat pada semangka dapat membantu meringankan kram yang sering terjadi pada ibu hamil. Vitamin ini juga berperan dalam pembentukan hormon kehamilan. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi vitamin B5 sebanyak 6 mg per hari.

2. Mencegah preeklamsia

Semangka kaya akan likopen. Antioksidan yang membuat warna buah semangka menjadi merah ini berperan dalam mencegah terjadinya preeklamsia dan mengurangi risiko bayi lahir dengan berat rendah.

BACA JUGA:Kenali 10 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

3. Menurunkan tekanan darah

Semangka adalah sumber makanan dengan kandungan asam amino citrulline tertinggi. Citrulline paling banyak terdapat pada kulit putih yang mengelilingi daging semangka.

Di dalam tubuh, citrulline diubah menjadi asam amino esensial arginine. Citrulline dan arginine ini memiliki manfaat penting dalam menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Sumber: