Kritik Wasit Usai City Ditahan Seri 3-3 Tottenham, Haaland Terancam Hukuman dari FA

Kritik Wasit Usai City Ditahan Seri 3-3 Tottenham, Haaland Terancam Hukuman dari FA

Erling Haaland dan Julian Alvarez-IG CITY-

MEMORANDUM- Buntut hasil seri, 3-3 yang didapat oleh Manchester City ketika menjamu Tottenham Hotspur, Senin, 4 Desember 2023, striker The Citizens Erling Haaland mengkritik kinerja official pertandingan. 

Striker asal Norwegia itu membuat postingan di X yang bertuliskan “Wtf.” Atas postingan ini, Haaland dapat didakwa oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris.  Wasit Simon Hooper dikritik keras oleh Haaland.

Sundulan Dejan Kulusevski pada menit ke-90 memastikan satu poin bagi Spurs, tetapi peluang kemenangan City digagalkan lima menit memasuki waktu tambahan ketika Hooper menghentikan permainan ketika Jack Grealish berlari menyambut umpan terobosan Haaland.

BACA JUGA:Tertinggal Dua Gol, Manchester City Comeback Menang 3-2 atas Leipzig

Haaland telah dilanggar oleh bek Spurs Emerson Royal di dalam lingkaran tengah tetapi berhasil bangkit untuk memberikan umpan kepada Grealish. Hooper awalnya memberi isyarat bahwa dia akan mengambil keuntungan, tetapi kemudian meniup peluitnya ketika Grealish tampaknya akan berlari menuju gawang.

BACA JUGA:Breaking News! Juara Bertahan Manchester City Tumbang di Kandang Wolves

Keputusan tersebut memicu reaksi marah dari Haaland, yang mendapat kartu kuning dari Hooper, namun kini ia terancam sanksi FA atas postingannya di X jika dianggap melanggar Peraturan E3.1, yang mengatur komentar media sosial atau komentar yang dibuat di media.

Musim ini, Erling Haaland mencetak 14 gol Liga Premier musim ini tetapi gagal mencetak gol melawan Spurs. 

Hal serupa pernah dilakukan oleh Manajer Arsenal Mikel Arteta didakwa oleh FA atas komentar yang dibuat tentang ofisial pertandingan menyusul kekalahan 1-0 The Gunners di Newcastle bulan lalu. ESPN telah menghubungi FA untuk menanyakan apakah Haaland juga akan menerima disiplin.

Manajer Spurs Ange Postecoglou mengatakan setelah pertandingan bahwa timnya "lolos" menyusul keputusan Hooper, dan meskipun manajer City Pep Guardiola mengatakan insiden itu bukan alasan timnya bermain imbang, dia membela reaksi marah Haaland.

“Itu normal, “ kata Guardiola seperti dilansir ESPN. “Reaksinya sama terhadap 10 pemain. Aturannya adalah Anda tidak boleh berbicara dengan wasit atau ofisial keempat, jadi kami seharusnya mengeluarkan 10 pemain hari ini,” imbuhnya.

“Saya membuat kesalahan, pemain juga membuat kesalahan. Ketika Erling terjatuh, wasit mengatakan permainan terus berlanjut dan setelah memberikan umpan, dia menghentikan permainan. Saya tidak ingin mengkritiknya. Terkadang di pinggir lapangan saya kehilangan akal, gerak tubuh saya tidak tepat, namun kami tidak bermain imbang untuk itu. Spurs senang dengan satu poin, kami sedikit kurang bahagia," pungkas Pep Guardiola.

Hasil seri membuat jarak poin City dengan Arsenal sebagai pemuncak klasemen menjadi tiga poin. City kii berada di posisi 3 klasemen dengan 30 poin disalip Liverpool di posisi kedua dengan 31 poin. (*)

 

Sumber: