Pemkot Malang Kuatkan Kesadaran Masyarakat Berperilaku Hidup Bersih

Pemkot Malang Kuatkan Kesadaran Masyarakat Berperilaku Hidup Bersih

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat melihat kondisi saluran air.-Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Menguatkan perilaku hidup bersih, Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat memimpin apel pelaksanaan Prokasih (Program Kali Bersih), di depan Pasar Bareng, Keluarahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Minggu 3 Desember 2023.

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, BPBD, kelurahan, TNI/ Polri serta unsur komunitas dan masyarakat Kelurahan Bareng. Bersamaan, digelar bazar UMKM menjajakan produk pelau usaha setempat.

Pj Wali Kota Wahyu mengatakan program ini adalah salah satu wujud terciptanya kesadaran masyarakat dalam berperilaku hidup bersih. Kini, berbagai komunitas di Kota Malang telah memiliki kesadaran yang sama untuk menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.

BACA JUGA:Atasi Inflasi dan Stunting, Pemkot Malang Salurkan 3.220 Paket Bantuan

Mengantisipasi semakin tinggi intensitas hujan yang menimbulkan banjir dan genangan air di beberapa wilayah, diharapkan masyarakat untuk berperan aktif menjaga lingkungan. “Kejadian yang terjadi di Kota Malang akhir-akhir ini menjadi renungan bagi semuanya,” ujarnya.

Oleh karena itu, Wahyu mengatakan sudah bukan saatnya saling menyalahkan. Namun, justru mendorong semuanya untuk berbuat bersama mengatasi problematika banjir di Kota Malang, salah satunya dengan kegiatan Prokasih ini.

“Saya mengapresiasi Prokasih (Program Kali Bersih, red) ini dan saya melihat semangat dan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih terus meningkat. Sudah banyak komunitas-komunitas di berbagai wilayah di Kota Malang yang melakukan ini, inilah yang saya harapkan,” ucap Wahyu.

BACA JUGA:Pemkot Malang Siap Fasilitasi Warga Terdampak TPA Supit Urang

Upaya ini menurutnya dapat menjaga lingkungan yang nyaman. “Dan kita tahu bersama, hujan semakin sering dan cukup tinggi intensitasnya, Minggu lalu saya juga melihat kondisi di kampung putih dan Karangbesuki. Maka di momen ini saya mengajak mari sama-sama introspeksi dan tidak perlu saling menyalahkan. Lebih baik kita berbuat seperti yang dilakukan ini (kegiatan Prokasih), intinya ada kepedulian dan kerjasama antara Pemerintah Kota Malang dan masyarakat,” imbuhnya. (pkp/ari)

Sumber: