Tahun Depan Kabupaten Madiun Dapat Kuota Haji 355 Orang

Tahun Depan Kabupaten Madiun Dapat Kuota Haji 355 Orang

Ilustrasi--

MADIUN, MEMORANDUM - Kabupaten Madiun mendapat kuota jemaah haji 1446 H/2024 M sebanyak 355 orang. Hal itu disampaikan Kasi Penyelenggara haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Madiun, Bisri Musthofa. 

"Dari kuota yang tersedia. Sejumlah 314 merupakan kuota reguler, sementara sisanya 14 dari jamaah lansia," katanya. 

Namun dia memastikan, jumlah kuota tersebut masih bersifat dinamis dan bisa berubah. "Ini masih data awal, sehingga kami belum bisa memastikan berapa nanti yang akan berangkat. Karena ini belum termasuk cadangan dan tambahan lainnya," kata dia. 

Untuk mempersiapkan data diri para jamaah haji, Kemenag mulai mengawali pemberkasan dan pembuatan paspor di kantor Imigrasi Kelas II-Madiun. Sesuai jadwal, perekaman paspor dilakukan hari ini, Senin 4 Desember 2023.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Indonesia Dapat Tambahan Kuota Haji 20 Ribu Jemaah

"Kita undang jamaah haji, untuk pembuatan paspor di Kantor Imigrasi," ujarnya. 

Di sisi lain, Pemerintah Pusat telah menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2024 sebesar Rp 93,4 juta per jamaah. Rinician, dibayarkan oleh jamaah sekitar Rp 56 juta, sisanya Rp 37 juta nilai manfaat Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). 

"Kita nantikan Keputusan Presiden, karena biaya yang dibayarkan jamaah masing-masing embarkasi berbeda. Ini masih standar nasional," pungkasnya.(ifa/ju)

Sumber: