Berjasa Besar Majukan Kota Wisata Batu, Pj Wali Kota Batu : Kita Lanjutkan Cita-cita Beliau Mewujudkan KWB

Berjasa Besar Majukan Kota Wisata Batu, Pj Wali Kota Batu : Kita Lanjutkan Cita-cita Beliau Mewujudkan KWB

H Eddy Rumpoko--

BATU, MEMORANDUM - Wali Kota Batu periode 2007-2017 H Eddy Rumpoko banyak melakukan inovasi dan terobosan dalam memajukan Kota Batu yang kulturnya pertanian menjadi kota wisata serta tetap mempertahankan kultur budaya dan pertanian.

Terbukti, banyak bermunculan lahan pertanian buah di Kota Batu disulap para petani menjadi lahan pertanian sekaligus wisata petik buah, diantaranya apel, jeruk dan strowberry.

ER, sapaan akrab Eddy Rumpoko berhasil mendatangkan para investor untuk menanamkan modalnya di Kota Batu hingga tercipta Kota Wisata Batu dengan destinasinya yang disertai wahana alam sekaligus buatan sehingga mendatangkan wisatawan baik domestik maupun manca negara.

Salah satunya, Jatim Park Group yang kini menjadi ikon wisata Kota Batu. Dengan berbagai wahana alam dan buatannya dari JP satu, dua hingga tiga dan tempat-tempat wisata lain serta berdiri kokoh hotel berbintang 5.

BACA JUGA:Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko Meninggal Dunia, Ini Profil Lengkapnya

Jatim Park Group dengan wisata buatan menarik kunjungan wisatawan. Wahana berbasis edukasi ini mampu membuat Kota Batu lebih mocer. Dan ini tak lepas dari jasa dan saat kepemimpinan ER.

ER juga membuat terobosan baru dengan mengemas Alun-Alun Kota Batu sebagai tempat wisata. Dan sejak itulah, Alun-alun Kota Batu menjadi tempat kunjungan para wisatawan saat ke Kota Wisata Batu.

Dalam masa pemerintahannya, Eddy juga mendorong pemanfaatan pertanian di Kota Batu menjadi tujuan wisata. Selain pertanian buah, untuk mewujudkanya Pemkot Batu membangun sentra potensi hasil pertanian di masing-masing wilayah.

Seperti, sentra sayur-mayur di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji dan sentra bunga hias mawar dan bunga lain di Desa Gunungsari dan di Desa Sidomulyo ada bunga pembibitan dan hingga kini menjadi tempat tujuan wisatawan untuk belanja tanaman dan pembibitan bunga.

Eddy Rumpoko yang lahir di Manado, 8 Agustus 1960 itu juga memberikan kesempatan pada investor. Masyarakat diajak mengangkat budaya lokal untuk menarik wisatawan di Kota Batu. Sehingga, Kota Batu tetap ramai wisatawan hingga saat ini terbukti menjamurnya homestay dan villa-villa di wilayah Kota Batu.

BACA JUGA:Kota Batu Berduka, Eddy Rumpoko, Sosok Pemimpin yang Dekat dengan Masyarakat Meninggal Dunia

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai atas nama Pemkot Batu menyampaikan ucapan bela sungkawa sebesar-besarnya atas berpulangnya Wali Kota Batu periode 2007-2017 H Eddy Rumpoko.

"Beliau adalah orang yang baik dan dicintai, ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir dan ikut menyalatkan. Dan almarhum merupakan orang yang berjasa membangun Kota Wisata Batu, dan kita akan lanjutkan cita-cita beliau untuk mewujudkan Kota Wisata Batu," ujar Aries Agung Paewai, Kamis 30 November 2023.

Oleh karena itu, Aries mengajak kepada seluruh hadirin untuk mengenang jasa-jasa beliau saat memimpin Kota Wisata Batu karena banyak karya luar biasa yang sampai saat ini dapat dilihat dan dirasakan.

Kepulangan Eddy Rumpoko yang akrab disapa ER, menghadap Tuhan YME meninggalkan duka mendalam bagi kalangan masyarakat Kota Batu, kerabat, sahabat, ASN, pejabat dan abdi negara pada masa kepemimpinannya, termasuk para Lurah dan Kepala Desa.

Kepala Desa Junrejo Kota Batu, Faisol menyampaikan duka mendalam dan kehilangan sosok yang tegas dan berani dalam berinovasi yang selalu menginspirasi para Kepala Desa. “Beliau almarhum ER, orang sae (baik, red) semasa hidupnya. Dimata para Kades merupakan sosok pemimpin yang luar biasa,” tuturnya, Kamis 30 November 2023.

Menurutnya, sosok ER merupakan pemimpin yang memberikan motivasi. “Pemimpin pemerintahan yang sangat menginpirasi dan selalu menginovasi dengan program-program untuk kemajuan desa dan memakmurkan warga masyarakat kalangan bawah wong cilik (orang kecil, red) selalu didahulukan,” kata Faisol.

Hadir dalam pemakaman, Dewanti Rumpoko istri almarhum dan keluarga, ibunda Egni Rumambi Sugiono dan kerabat. Juga hadir Forkopimda Malang Raya, Pj Wali Kota Malang, Kapolresta Malang, Ketua DPRD Malang, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta Dahlan Iskan juga turut hadir sampai dengan pemakaman.

Sebelum dikebumikan, jenazah disemayamkan di rumah duka di Jalan Trunojoyo Kota Batu dan dishalatkan di Masjid Brigjen Sugiono Balaikota Among Tani Kota Batu. Sholat jenazah dipimpin oleh Ketua MUI Kota Batu KH Abdullah Tohir.

Antusias warga untuk melepas kepergian ER sangat terlihat pada saat jenazah datang di rumah duka, banyak masyarakat yang telah menunggu di sepanjang jalan. Selamat jalan Pak ER, semoga Allah SWT melapangkan jalan, mengampuni segala dosa dan menganugerahkan tempat mulia disisi-Nya. (nik)

Sumber: