Sejumlah Kebutuhan Pokok di Surabaya Harganya Naik

Sejumlah Kebutuhan Pokok di Surabaya Harganya Naik

Pasar Pakis-Alfin-

SURABAYA, MEMORANDUM - Sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional mengalami kenaikan harga. Selain harga beras yang meroket naik, harga bawang merah dan bawang putih  saat ini masih tinggi.

Pantauan Memorandum di Pasar Pakis, harga beras 5 kilogram yang semula Rp 62 ribu jadi Rp 73 ribu.

Sementara bawang merah, penjual yang biasanya menjual dengan harga Rp 18 ribu per kilogram, ini naik menjadi menjadi Rp 22 ribu per kilogram.

BACA JUGA:Kendalikan Harga Jelang Nataru, Dinkopumdag Surabaya Gelar Operasi Pasar dan Buka Warung TPID

"Sekarang ada kenaikan, kenaikannya banyak. Misal bawang merah sekarang harga Rp 22 ribu. Padahal sebelumnya cuma Rp 18 ribu. Naiknya bertahap," ujar Umi salah satu pedagang di Pasar Pakis.

Umi menyebutkan, faktor cuaca ekstrim yang terjadi pada musim pancaroba menjadi salah satu faktor penyebab kenaikan ini. Stok barang yang ada harus bisa memenuhi permintaan masyarakat.

"Kebutuhan masyarakat cukup banyak," katanya.

BACA JUGA:Wali Kota Eri Cahyadi: Harga Bahan Pokok Harus Stabil hingga Iduladha

Sementara untuk harga kebutuhan pokok lainnya, yakni harga bawang putih berada di Rp 21 ribu. Padahal sebelumnya dikisaran harga Rp 15 ribu.

Sedangkan untuk harga cabe yang sebelumnya di harga Rp 50 ribu, kini tembus menjadi Rp 65 ribu. Untuk gula pasir juga mengalami lonjakan Rp 13,500 menjadi Rp 16,500. Termasuk harga ayam Rp 30 ribu menjadi Rp 33 ribu.

"Untuk kebutuhan pokok yang mengalami turun harga yakni telor yang semula Rp 30 ribu menjadi Rp 26 ribu per kilogram, minyak goreng sebelumnya Rp 36 jadi Rp 33 ribu per liter, " jelasnya.(alf)

Sumber: