Ajaib! Ini 8 Fakta Menarik Semut yang Luar Biasa

Ajaib! Ini 8 Fakta Menarik Semut yang Luar Biasa

-Unsplash-

 

4. Kemampuan navigasi yang luar biasa

Semut mampu menemukan jalan kembali ke koloninya dari jarak yang sangat jauh. Mereka melakukannya dengan menggunakan medan magnet bumi dan tanda-tanda visual.

 

5. Tidak punya telinga

Makhluk kecil ini tidak mempunyai telinga. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa mendengar. Semut mendengar melalui getaran di tanah, getaran inilah yang membantu mereka mencari makan

 

6. Tidak Punya Paru-paru

Selain telinga, semut juga diketahui tidak mempunyai paru-paru. Semut bernapas melalui lubang kecil di kulitnya yang disebut spirakel. Spirakel tersebut saling terhubung agar bisa memasok oksigen ke seluruh tubuh. Kemudian karbondioksida yang tidak dibutuhkan juga akan dikeluarkan melalu lubang tersebut.

 

7. Punya dua perut

Jika ada kekurangan maka ada pula kelebihan. Uniknya, seekor semut memiliki dua perut. Satu perut semut berfungsi untuk menampung makanan yang dikonsumsi untuk dirinya sendiri dan perut kedua digunakan untuk menampung makanan yang nanti dibagikan pada semut lain. Hal ini dinamakan trofalaksis, dengan tujuan agar koloni semut bisa bekerja lebih cepat.

 

8. Memiliki peran penting dalam ekosistem

Semut berperan penting dalam ekosistem sebagai predator, penyerbuk, dan pengurai. Semut predator membantu mengendalikan populasi hama, semut penyerbuk membantu menyebarkan serbuk sari, dan semut pengurai membantu menguraikan bahan organik.

Sumber: