Ajaib! Ini 8 Fakta Menarik Semut yang Luar Biasa

Ajaib! Ini 8 Fakta Menarik Semut yang Luar Biasa

-Unsplash-

MEMORANDUM - Meskipun terlihat kecil dan sederhana, semut adalah hewan yang luar biasa dalam banyak hal. Memiliki jumlah populasi yang sangat besar, semut menjadi salah satu serangga yang paling umum ditemukan di dunia. 

Hewan kecil ini memiliki kemampuan luar biasa yang terkadang membuat kita takjub. 

BACA JUGA:Fakta-Fakta Menarik tentang Hewan yang Belum Kamu Ketahui

Salah satu hal menarik dari semut ialah ia selalu terlihat bergerombol dan sibuk membawa sesuatu. Namun, banyak hal unik lainnya tentang semut yang menarik untuk Anda ketahui. 

Berikut ini beberapa fakta menarik tentang semut, si kecil yang luar biasa:

BACA JUGA:Ingin Punya Hewan Peliharaan? Ini 3 Pilihan Hewan yang Mudah Dirawat untuk Pemula

1. Mempunyai kekuatan luar biasa

Meskipun ukurannya kecil, semut memiliki kekuatan yang luar biasa. Semut tentara Afrika (Dorylus) mampu mengangkat beban hingga 50 kali berat badannya sendiri. Hal ini setara dengan manusia mengangkat beban seberat 1 ton.

BACA JUGA:Unik! Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Hewan Endemik Indonesia yang Tidak Ada di Negara Lain

2. Memiliki sistem kasta

Dalam koloni semut, terdapat pembagian tugas yang jelas antara berbagai kasta, yaitu ratu, semut pekerja, dan semut jantan. Ratu bertanggung jawab untuk bertelur, semut pekerja bertanggung jawab untuk mencari makan dan merawat koloni, sedangkan semut jantan hanya berfungsi untuk membuahi ratu.

BACA JUGA:Semut Dilarang untuk Dibunuh, Berikut Penjelasannya

3. Sistem komunikasi yang kompleks

Semut berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan feromon. Feromon adalah zat kimia yang dikeluarkan oleh semut untuk memberi sinyal kepada semut lainnya. Misalnya, semut pekerja akan mengeluarkan feromon untuk memberi tahu semut pekerja lainnya bahwa ada makanan di suatu tempat.

Sumber: