Rekomendasi Posisi Tidur Untuk Penderita Vertigo, Intip Juga Tipsnya Agar Tidak Gampang Kambuh

Rekomendasi Posisi Tidur Untuk Penderita Vertigo, Intip Juga Tipsnya Agar Tidak Gampang Kambuh

Kondisi ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa menit, atau bahkan berjam-jam. Vertigo dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk tidur.-pixabay-

MEMORANDUM-Vertigo adalah kondisi yang ditandai dengan sensasi berputar yang disebabkan oleh gangguan keseimbangan. Kondisi ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa menit, atau bahkan berjam-jam. Vertigo dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk tidur.

Bagi penderita vertigo, tidur menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, gejala vertigo seperti pusing, mual, dan muntah dapat membuat penderitanya sulit untuk beristirahat dengan nyaman. Selain itu, gerakan kepala yang tiba-tiba saat tidur juga dapat memicu kambuhnya vertigo.

Oleh karena itu, penderita vertigo perlu memperhatikan posisi tidurnya agar gejala vertigo tidak semakin parah. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi posisi tidur untuk penderita vertigo:

1. Posisi miring ke arah telinga bermasalah

Posisi tidur ini dapat membantu mengurangi tekanan pada telinga bagian dalam yang bermasalah. Hal ini dapat membantu mengurangi gejala vertigo, seperti pusing dan mual.

Untuk menerapkan posisi ini, penderita vertigo dapat tidur miring ke arah telinga bermasalah dengan bantal yang cukup tinggi di bawah kepala. Bantal yang tinggi dapat membantu meninggikan posisi kepala dan leher, sehingga tekanan pada telinga bagian dalam dapat berkurang.

BACA JUGA:Vertigo Kambuh, Mobil Brio Sasak 7 Motor Tukang Ojek Makam Sunan Giri Gresik

2. Posisi telentang dengan bantal tinggi

Posisi tidur ini juga dapat membantu mengurangi tekanan pada telinga bagian dalam. Selain itu, posisi ini juga dapat membantu penderita vertigo untuk bernapas dengan lebih mudah.

Untuk menerapkan posisi ini, penderita vertigo dapat tidur telentang dengan bantal yang tinggi di bawah kepala. Bantal yang tinggi dapat membantu meninggikan posisi kepala dan leher, sehingga tekanan pada telinga bagian dalam dapat berkurang.

BACA JUGA:Vertigo, Warga Tinalan Akhiri Hidup dengan Gantung Diri

Tips agar Vertigo Tidak Gampang Kambuh

Selain memperhatikan posisi tidur, penderita vertigo juga dapat menerapkan beberapa tips berikut ini agar vertigo tidak mudah kambuh:

• Gerakan kepala yang tiba-tiba, seperti memutar kepala dengan cepat, menunduk, atau mendongak menghindari.

Sumber: