Tumbuhkan Minat Kepedulian Sosial, PMR Madya SMP Katolik Santo Petrus Jember Gelar Ditlatsar

Tumbuhkan Minat Kepedulian Sosial, PMR Madya SMP Katolik Santo Petrus Jember Gelar Ditlatsar

PMR Madya SMP Katolik Santo Petrus Jember antusias ikuti pelatihan-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Palang Merah Remaja (PMR) Madya SMP Katolik Santo Petrus JEMBER melaksanakan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) untuk anggota baru. Diklatsar ini dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 18-19 November 2023 di Markas PMI Kabupaten JEMBER.

Fasilitator PMR Madya SMP Katolik Santo Petrus JEMBER, Firdausi Amalia Ilmi mengatakan, Diklatsar diikuti 15 siswa untuk meningkatkan kapasitas PMR Madya di sekolah.

"Diklatsar ini bertujuan untuk melatih keterampilan, kreativitas dan menggali potensi diri anggota PMR Madya. Selain itu, juga untuk menciptakan jiwa kepedulian, kemanusiaan, kebersamaan, kekompakan, dan rasa tanggung jawab pada anggota PMR Madya," kata Firdausi Amalia Senin 20 November 2023.

BACA JUGA:Kaderisasi, MTsN 1 Jember Kukuhkan 36 Anggota PMR

Seluruh peserta digembleng selama dua hari dengan berbagai materi dasar dan praktek. Pada hari pertama, 15 peserta dari kelas 7-9 mengikuti materi Pertolongan Pertama, Sejarah Palang Merah, dan Donor darah. Untuk hari kedua, seluruh peserta mengikuti materi PRS yaitu pengembangan potensi diri dan kepemimpinan.

Setelah mengikuti proses diklat ruang dan praktek, selanjutnya 15 Siswa mengikuti prosesi pelantikan anggota PMR Madya SMPK St Petrus Jember.

"Para pengurus baru PMR Madya SMP Katolik Santo Petrus Jember diharapkan lebih giat lagi untuk melaksanakan program-program yang telah dicanangkannya," ujar Amalia.

BACA JUGA:Tim Kesehatan, PMR Distrik Selatan Tangkas Tangani Peserta Jalan Sehat yang Pingsan

Salah satu peserta Diklatsar, Adelia Putri mengatakan, Diklatsar ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan keterampilannya di bidang pertolongan pertama.

"Saya senang bisa mengikuti Diklatsar ini. Banyak hal yang saya pelajari, terutama tentang pertolongan pertama. Saya jadi lebih siap jika sewaktu-waktu ada orang yang membutuhkan pertolongan," kata Adelia.

BACA JUGA:PMR SMK 4 Pancasila Sosialisasikan PHBS ke Panti Asuhan Assufyan

Diklatsar ini diharapkan dapat menumbuhkan minat kepedulian sosial para remaja di Jember. Dengan adanya PMR di sekolah, diharapkan para remaja dapat menjadi agen perubahan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih peduli dan berjiwa kemanusiaan.(edy)

Sumber: