Gebyar Hari Pahlawan, Warga RW 7 Dukuh Kupang Gelar Campursari

Gebyar Hari Pahlawan, Warga RW 7 Dukuh Kupang Gelar Campursari

Ketua RW 07 Dukuh Kupang Abah Yusuf bersama Campursari Krido Budoyo di acara Gebyar Hari Pahlawan 10 November 2023.-Arif Alfiansyah-

BACA JUGA:Hari Pahlawan, Polres Kediri Beri Apresiasi Anggota Berprestasi

BACA JUGA:Semangat Hari Pahlawan: Mendorong Generasi Muda untuk Berani Berkarya

"Termasuk tak kalah pentingnya peringatan Hari Pahlawan juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan pada generasi muda agar terus memiliki semangat kemerdekaan. Karena ke depan generasi muda ini lah yang menjadi penerus bangsa negara Indonesia kita tercinta, " kata Abah Yusuf kepada memorandum.disway.id

BACA JUGA:Canangkan ZI di Hari Pahlawan, FISIP UB Bentuk Tiga Tim Penguat

Acara semakin meriah ketika Campursari Krido Budoyo tampil diatas panggung menarik perhatian penonton. Dengan diiringi musik tradisional seperti gamelan malam gebyar peringatan hari pahlawan ini semakin semarak. 

Abah Yusuf berharap semoga kedepannya ada generasi muda yang terketuk hatinya untuk melestarikan budaya bangsa khususnya kesenian campursari agar tidak lekang oleh waktu. 

"Kita tampilkan campursari dalam acara ini sekaligus memperkenalkan salah satu kesenian tradisional yang kaya akan seni dan budaya. Sebab adanya moderenisasi dan globalisasi ini, kita sebagai orang tua berupaya untuk melestarikan kesenian campursari agar tetap dikenal oleh generasi muda, generasi yang akan datang dan tentunya agar tidak terjadi kepunahan dan dilupakan begitu saja, " papar Abah Yusuf. 

Bahkan, lanjut Abah Yusuf yang juga sebagai penasihat Campursari Krido Budoyo, pihaknya siap memberikan wadah kepada anak muda di kampungnya untuk belajar kesenian campursari ini. 

"Saya membuka pintu selebar lebarnya bagi anak muda yang berniat ingin bergabung dan belajar campursari. Kalau tidak generasi muda sebagai penerus, lalu siapa lagi. Kita harus kenalkan dan ajarkan budaya ini, " Jelasnya. 

Gebyar perayaan Hari Pahlawan di RW 07 Dukuh Kupang ini turut memberikan manfaat bagi masyarakat. Terutama bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan. 

"Acara ini sengaja menggandeng UMKM karena memiliki peran penting dalam menggerakan roda ekonomi rakyat. Kami juga berupaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui UMKM. Hal ini diharapkan bisa mendongkrak ekonomi masyarakat, khususnya warga kami RW 07 Dukuh Kupang. Ini dilakukan secara bertahap, " pungkasnya. (*)

 

Sumber: