Pj Wali Kota Malang Tegaskan Pentingnya Penanganan Bencana

Pj Wali Kota Malang Tegaskan Pentingnya Penanganan Bencana

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat memastikan kesiapan dalam penanganan bencana.-Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM menegaskan penanganan bencana sebagai salah satu bentuk pelayanan pada masyarakat sehingga harus dilakukan dengan cepat dan tepat.

Itu disampaikan Pj Wali Kota Malang saat menjadi Inspektur apel siaga bencana, di Lapangan Buring Kota Malang, pada Rabu tanggal 08 November 2023. Hadir pula, jajaran Forkopimda Kota Malang dan jajaran perangkat daerah di Lingkungan Pemkot Malang.

Wahyu mengatakan pentingnya mitigasi dan penanganan bencana sebagai salah satu bentuk pelayanan pada masyarakat. Bersinergi dengan elemen terkait pihaknya sudah bersiap dengan potensi bencana yang mungkin terjadi, terlebih saat memasuki musim penghujan bulan November ini.

BACA JUGA:Pemkot Malang Siap Fasilitasi Warga Terdampak TPA Supit Urang

Pengalaman tahun sebelumnya, menurutnya dapat dijadikan pelajaran sehingga dirinya berharap menghadapi rutinitas cuaca tahun ini, pihaknya bisa lebih siap dalam mengantisipasi.

“Upaya mitigasi dan penanganan bencana jadi prioritas yang harus dilakukan karena ini bentuk implementasi dari pelayanan publik, pelayanan kepada masyarakat, maka penting sedari awal dipersiapkan, mitigasi nya juga didasarkan pada pengalaman tahun lalu, banjir, pohon tumbang, angin puting beliung saya kira harus kita antisipasi,” kata Wahyu.

Wahyu mengingatkan beberapa wilayah di Kota Malang yang merupakan daerah aliran sungai (DAS). Kondisi topografi ini juga memiliki andil terciptanya potensi bencana khususnya banjir dan tanah longsor apabila saat intensitas hujan mulai naik.

BACA JUGA:Sertijab Kalapas Kelas 1 Malang, Tetap Tingkatkan Sinergitas dengan Pemkot Malang

“Saya mengingatkan karena beberapa wilayah di tempat kita ini adalah daerah aliran sungai. Biasanya saat curah hujan naik, maka peningkatan debit air dapat berakibat banjir dan bisa jadi bahaya tanah longsor, ini harus jadi perhatian,” terangnya.

Wahyu menegaskan beberapa instruksi kepada jajaran dan elemen terkait, salah satunya optimalisasi tugas yang terstruktur dari BPBD Kota Malang sampai pada kelurahan tangguh.

Harapannya keterlibatan elemen masyarakat mampu menguatkan sistematika penanganan jika terjadi bencana. Diharapkan dengan melibatkan elemen masyarakat maka penanganan bencana dapat bersifat komprehensif dan menyeluruh sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

BACA JUGA: Pemkot Malang Kenalkan 'Ojir' ke Masyarakat Binaan Baznas

“Karena itu, saya instruksikan kepada BPBD, libatkan semua pihak dan elemen terkait sampai di tingkat FPRB dan kelurahan tangguh. Percepat penyerapan anggaran yang berkaitan dengan penanggulangan bencana dan harapan saya semua dapat berjalan komprehensif agar pelayanan nya maksimal,” urai Wahyu.

Bersamaan, Pj Wali Kota Malang menyerahkan alat bantu penanggulangan bencana kepada lima kecamatan di Kota Malang. Juga, melihat simulasi bencana yang diperagakan oleh BPBD Kota Malang.(pkp/ari)

Sumber: