Cegah Anemia, Berikut 7 Makanan Penambah Darah

Cegah Anemia, Berikut 7 Makanan Penambah Darah

ilustrasi makanan sehat--

SURABAYA, MEMORANDUM - Masalah kesehatan yang memiliki istilah medis anemia ini membuat tubuh mudah lelah dan kulit serta wajah terlihat pucat. Salah satu cara mengatasi masalah ini yaitu mengonsumsi makanan penambah darah yang tinggi zat besi. 

Ketika mengalami anemia, tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin dalam jumlah yang cukup. Hemoglobin sendiri merupakan protein yang terdapat dalam sel darah merah yang berperan untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

BACA JUGA:Yuk Ketahui, Kapan Sih Waktu Olahraga Yang Baik Bagi Kesehatan?

Berikut 7 Jenis Makanan Penambah Darah :

1. Daging merah dan unggas

Dalam 100 gram daging merah seperti daging sapi dan kambing mengandung 2,7 miligram zat besi. Jumlah ini sudah memenuhi 15 persen dari total asupan harian tubuh.

2. Jeroan

Bagian dalam hewan atau jeroan seperti hati, jantung, dan otak juga kaya akan zat besi. Faktanya, 100 gram hati sapi mengandung 6,5 miligram zat besi. Angka ini sudah memenuhi 36 persen asupan harian tubuh.

3. Tiram

Dalam 100 gram tiram mengandung zat besi sebesar 28 miligram atau sekitar 155 persen dari asupan harian tubuh. Selain zat besi, bahan makanan ini juga kaya protein, vitamin C, dan vitamin B12. 

4. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang mengandung zat gizi tinggi adalah buncis, lentil, kacang polong, dan kedelai. Dalam satu cangkir berukuran 198 gram makanan penambah darah ini mengandung sekitar 6,6 miligram zat besi.

BACA JUGA:Murah dan Bergizi, Ini Dia Khasiat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh

5. Sayuran berdaun gelap untuk makanan penambah darah

Sumber: