Hoaks! Mengkonsumsi Rebusan Tepung Kanji dan Gula Merah Bisa Sembuhkan Asam Lambung Akut

Hoaks! Mengkonsumsi Rebusan Tepung Kanji dan Gula Merah Bisa Sembuhkan Asam Lambung Akut

Jangan tergiur dengan informasi hoaks tentang pengobatan asam lambung. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.-HELLO BUNDA-

MEMORANDUM-Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang terjadi umum di Indonesia. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri atau perih di ulu hati yang dapat disertai dengan mual, muntah, dan kembung. Mengkonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah bisa sembuhkan Asam lambung akut itu hoax.

Asam lambung dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola makan yang tidak sehat, stres, dan obesitas.

Baru-baru ini, beredar informasi di media sosial yang mengklaim bahwa rebusan tepung kanji dan gula merah dapat menyembuhkan asam lambung akut.

Informasi tersebut menyebutkan bahwa seorang wanita sembuh dari asam lambung akut setelah mengonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah selama beberapa hari.

Mungkinkah rebusan tepung kanji dan gula merah bisa menyembuhkan asam lambung akut?

Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ari Fahrial Syam membantah klaim tepung kanji berkhasiat mengobati asam lambung.

“Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut, ” kata Ari.

BACA JUGA:Kenali Gejala Asam Lambung Naik ke Kepala yang Perlu Diketahui dan Cara Mengatasinya

Menurut Ari, tepung kanji merupakan bahan makanan yang kaya akan karbohidrat.

Karbohidrat dapat memicu gejala asam lambung dikarenakan efeknya yang diduga dapat mengurangi tonus sfingter esofagus bawah.

Sfingter esofagus bawah merupakan katup yang berfungsi untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Gula merah juga dapat memicu peningkatan kadar gula darah. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan asam lambung naik.

Bahaya Mengonsumsi Rebusan Tepung Kanji dan Gula Merah

Meski tidak dapat menyembuhkan asam lambung, mengonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah dapat menimbulkan beberapa bahaya, yaitu:

Sumber: