Tak Kunjung Turun Hujan, Siswa SD bersama Ranting NU Kepatihan Jombang Lakukan Salat Istisqa

Tak Kunjung Turun Hujan, Siswa SD bersama Ranting NU Kepatihan Jombang Lakukan Salat Istisqa

Pelaksanaan Salat Istisqa di halaman SDN Tugu Kepatihan 1 Kabupaten Jombang.-Biro Mojo-

JOMBANG, MEMORANDUM - Musim kemarau berkepanjangan berakibat terjadi kekeringan di Kabupaten JOMBANG. Dampak dari kekeringan tersebut, sejumlah desa mengalami krisis air.

Selain air bersih, air untuk mengaliri area pertanian pun juga mengalami kesulitan. Dengan dampak tersebut, Kepala Desa Kepatihan bersama pengurus Ranting NU Desa Kepatihan menggelar Salat Istisqa.

Salat Istisqa atau salat untuk meminta turun hujan, dilaksanakan di halaman SDN Tugu Kepatihan 1, Jalan Otto Iskandardinata Nomor 10, Kecamatan/Kabupaten JOMBANG pada pukul 13.00 WIB. Selain itu, juga dilakukan penggalangan dana untuk warga muslim di Palestina.

BACA JUGA:Rapat Paripurna DPRD Jombang Bahas Dua Raperda Inisiatif dan R-APBD 2024

Salat Istisqa tersebut diikuti oleh para siswa-siswi SDN Tugu Kepatihan 1, para guru, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kades Kepatihan beserta perangkat desa, dan juga para pengurus Ranting NU Desa Kepatihan.

Dengan beralas tikar dan karpet yang dilapisi dengan sajadah, mereka yang mengikuti Salat Istisqa tampak khusuk meski dibawah terik matahari yang menyengat. Para anak-anak dan orang dewasa mengikuti hingga akhir.

Habib Muhammad Assegaf menerangkan, dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, apalagi musim kemarau yang berkepanjangan saat ini, membuat banyak daerah, khususnya di Kabupaten Jombang mengalami kekeringan.

BACA JUGA:Bobol Cafe Jual Kopi, Pria Asal Jombang Ditahan di Polsek Pare

"Hari ini kita berkumpul dalam kebersamaan bermunajat, mengetuk pintu langit mengharap keberkahan turunnya hujan untuk keberlanjutan kehidupan bumi," terangnya, Kamis 02 November 2023.

"Sebagai manusia, kita wajib menjaga alam, merawat bumi agar tidak terjadi bencana, seperti halnya tanah longsor dan banjir," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kepatihan, Erwin Pribadi mengatakan, bahwa beberapa hari yang lalu bersama dengan pengurus Ranting NU Desa Kepatihan membuat kesepakatan untuk mengadakan Salat Istisqa atau salat meminta turun hujan, karena musim kemarau berkepanjangan.

BACA JUGA:Viral, Bentor dan Truk Terjang Jalan yang Baru Dicor di Jombang

"Di wilayah Kabupaten Jombang kemarau yang luar biasa, maka kami berinisiatif mengadakan Salat Istisqa pada hari ini," katanya, usai pelaksanaan Salat Istisqa.

Erwin menjelaskan, pelaksanaan Salat Istisqa ini diikuti oleh anak-anak sekolah dasar mulai kelas 4, 5, dan 6, tokoh agama dan juga tokoh masyarakat. Dengan dilaksanakannya salat ini, semoga Allah SWT memberi hujan, khususnya di Kabupaten Jombang.

"Di samping itu, kami bersama para pengurus Ranting NU bersepakat menggali donasi bagi sesama umat muslim di Palestina," pungkasnya.(yus)

Sumber: