Bangun Underpass di Taman Pelangi, Komisi C DPRD Surabaya Minta Pemprov Jatim Ikut Andil

Bangun Underpass di Taman Pelangi, Komisi C DPRD Surabaya Minta Pemprov Jatim Ikut Andil

View kawasan Bundaran Dolog A Yani.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Rencana pembangunan underpass di kawasan Bundaran Dolog A Yani, Surabaya, atau sekitar Taman Pelangi diharap segera direalisasikan untuk mengurai tingkat kemacetan.

Namun begitu, Pemerintah Provinsi (pemprov) Jawa Timur diminta untuk ikut andil memberikan bantuan anggaran. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Komisi C DPRD Surabaya Baktiono, Selasa, 31 Oktober 2023.

“Kami sudah usulkan sekitar 5 tahun lalu, bersyukur jika Pemkot Surabaya segera merealisasikannya. Namun kami harap, Pemprov Jatim ikut turun tangan membantu anggarannya,” kata dia.

BACA JUGA:Usai Kemacetan di Bundaran Taman Pelangi, Rencana Bangun Underpass

Baktiono menjelaskan, untuk mengurai kemacetan di kawasan tersebut memang dibutuhkan underpass. Yakni, jalan yang melintas ke bawah dari sisi utara ke selatan.

Nantinya arus lalu lintas di sana bisa berjalan lancar serta yang hendak berbelok ke arah Jemursari juga lancar.

Sedangkan soal anggaran proyek underpass Taman Pelangi tersebut, menurutnya Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya bisa minta bantuan dari APBN maupun APBD Jatim.

BACA JUGA:DPRD Surabaya Sarankan Underpass Dolog-Jemursari

“Selama ini Pemprov Jatim yang saya lihat, dengar, amati, belum ada satupun pembangunan di ibu kota Provinsi Jatim, yaitu Surabaya. Semuanya dilakukan oleh Pemkot Surabaya,” tandas Sekretaris DPC PDIP Kota Surabaya ini.

Lebih lanjut Baktiono mengatakan, Pemprov Jatim seyogyanya saling gotong royong membantu setiap pmbangunan Kota Surabaya. Sebab, pusat provinsi juga ada di Surabaya.

“Wong APBD Provinsi Jatim kan jauh lebih besar dari Surabaya, jadi ya kesadarannya untuk bantu proyek pembangunan yang ada di ibu kota Provinsi Jatim,” tegasnya.

BACA JUGA:Pemotor Wanita Tabrak Mobil di Underpass Mayjend Sungkono

Menurut telaah Baktiono, diperlukan sharing anggaran antara Provinsi Jatim dengan Pemkot Surabaya dalam setiap pembangunan ibu kota Provinsi Jatim

“Nah kami minta juga Provinsi Jatim bantu anggaran proyek underpass depan Dolog A Yani atau sekitar Taman Pelangi Surabaya,” pungkas Baktiono yang dikenal sebagai singa podium DPRD Surabaya ini.(bin)

Sumber: