Kodim 0818 Prakarsai Deklarasi Pemilu Damai

Kodim 0818 Prakarsai Deklarasi Pemilu  Damai

Penandatanganan saat deklarasi Pemilu damai-Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Komandan Kodim 0818 MALANG-Batu Letkol Inf. Arief Nurbianto prakarsai deklarasi Pemilu Damai pada tahun 2024 nanti yang berlangsung di Pendopo Agung Kabupaten MALANG jln. Agus Salim no 7 kota MALANG.

Tujuan dilakukannya deklarasi damai tersebut diharapkan pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semua unsur, baik penyelenggara, peserta maupun masyarakat, bisa saling menjaga dan menciptakan integrltas.

"Kunci sukses terciptakan kesuksesan ada empat yaitu penyelenggara, peserta, masyarakat bisa mewujudkan integritas dan steakholder harus netralitas," ungkap Letkol Inf. Arief Nurbianto Dandim 0818 Malang- Batu, Senin 30 Oktober 2024, dalam sambutannya.

BACA JUGA:Pangdam V/Brawijaya Kunker ke Yonzipur-5/A dan Kodim 0818/Malang-Batu

Arief mengungkapkan, dalam rangka mewujudkan pemilu yang aman tertib dan berintegritas, TNI dan Polri siap amankan pemilu 2024. Jika ingin hal itu tercapai kunci suksesnya yaitu, penyelenggara dalam hal ini KPU harus bisa menjaga integritas yang adil.

Demikian juga dengan peserta yaitu Parpol harus patuh dan taat pada regulasi aturan yang ada. Disamping itu Parpol jangan mematik isu sara, yang bisa menimbulkan perpecahan dan kerawanan politik.

Tak kalah pentingnya masyarakat agar menyalurkan suaranya dengan baik dan yidak mudah terpancing dengan isu- isu yang ada. Sedangkan steakholder juga harus bisa menjaga netralitas.

BACA JUGA:Kodim 0818 Salurkan Bantuan Tunai ke 6.300 Pedagang

"Jika hal ini bisa dilakukan secara bersama oleh seluruh elemen, dapat dipastikan Pemilu 2024 akan berlangsung damai," kata Arief.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama bupati H.M. Sanusi, dalam sambutannya mengajak seluruh elemen baik penyelenggara, peserta terlebih masyarakat agar semuanya sadar hukum. Jika memang Pemilu lalu sempat, ada konflik agar semua itu sebisanya untuk dihindari.

"Semuanya harus bisa mencermati, situasi dan kondisi yang ada," ucap Sanusi.

BACA JUGA:HUT Ke-72 Kodam V Brawijaya, Kapolres Batu Datangi Pabung Kodim 0818

Perlu diketahui hadir dalam deklarasi tersebut Forkopimda, KPU, Bawas kabupaten Malang dan 18 ketua partai peserta pemilu 2024. Bahkan ada beberapa elemen relawan, yang turut hadir dalam acara tersebut.

Namun tidak semua partai perserta pemilu, yang berjumlah 18 Parpol hadir dalam Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang diinisiasi oleh Kodim 0818 Malang- Batu. Ada empat Parpol yang tidak hadir, serta tidak ikut dalam tanda tangan deklarasi itu yaitu partai Partai Buruh, Hanura, PAN, Partai Garuda.(kid)

Sumber: