Manfaat Minum Air Jahe Campur Madu untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Air Jahe Campur Madu untuk Kesehatan Tubuh

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Perpaduan manfaat jahe dan madu telah lama dikenal sebagai ramuan kesehatan tradisional yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kombinasi kandungan nutrisi dalam kedua bahan ini membuatnya memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antivirus yang kuat.

Manfaat jahe dan madu dapat dikombinasikan sebagai ramuan minuman hangat, sirup, atau bahkan dijadikan sebagai bahan tambahan dalam masakan. Kandungan antioksidan dalam madu dan jahe dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

 

Berikut manfaat jahe dan madu untuk kesehatan :

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Campuran madu dan jahe bisa melindungi tubuh dari virus yang menyebabkan batuk, flu, hingga demam. Melansir Mashed, madu bisa membantu melonggarkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan, sementara jahe bisa mengurangi peradangan dan bisa membuang lendir yang telah dilonggarkan oleh madu.

Untuk mendapat semua manfaat ini, cukup panaskan air, tambahkan dua sendok teh air jahe dan dua setengah sendok teh madu. Nikmati minuman hangat ini empat kali dalam sehari, dijamin tenggorokan Anda akan terasa lebih nyaman.

2. Melancarkan pencernaan

Jahe memang kerap digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif di India dan Cina untuk mengobati masalah lambung. Misalnya perut kembung, muntah, hingga mual.

Melansir berbagai sumber, madu juga diyakini bisa jadi salah satu pengobatan tradisional untuk mengobati masalah pencernaan. Campuran jahe dan madu bisa membuat pencernaan lebih sehat.

3. Meredakan mual

Teh jahe dicampur madu memiliki efek meredakan mual. Minuman ini efektif untuk Anda yang kerap mual di pagi hari atau muntah-muntah selama kehamilan.

4. Sumber antioksidan

Jahe dan madu memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat. Keduanya bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit berbahaya.

Sumber: