Pemkot Surabaya Masif Normalisasi Sungai dari Hulu ke Hilir

Pemkot Surabaya Masif Normalisasi Sungai dari Hulu ke Hilir

Petugas membersihkan eceng gondok di sungai.-Arif Alfiansyah-

SURABAYA, MEMORANDUM - Normalisasi sungai masif dilakukan mulai dari hulu hingga hilir. Hal ini guna mengoptimalkan fungsi daripada saliran air, baik itu di kampung hingga sungai.

"Terkait dengan eceng gondok disungai dilakukan penanganan. Kita juga selalu berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk pengambilan eceng gondok," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Lilik Arijanto, Senin 23 Oktober 2023.

Untuk penanganan itu, petugas DSDABM bersama DLH melakukan pembersihan eceng gondok di sungai. Mereka turun ke sungai yang sudah tertutup eceng gondok. Perlahan lahan mereka menebang akar eceng gondok yang saling mengait satu dengan yang lain. 

Supaya proses normalisasi berlangsung cepat, sebuah alat berat sejenis eskavator juga dikerahkan ke lokasi untuk mengeruk tanaman air tersebut. Eceng gondok tersebut diangkut menggunakan dump truck untuk selanjutnya dibuang ke TPA.

Kendati demikian, selain pendangkalan saluran diakibatkan eceng gondok, dalam giat normalisasi yang dilakukan DSDABM juga mengangkat sedimen lumpur bercampur sampah.

"Kita masif lakukan pengerukan sungai sungai. Kegiatan ini juga sebagai antisipasi yang bentar lagi akan memasuki musim hujan. Dengan pengerukan dan pembersihan sungai ini diharapkan bisa bekerka dengan optimal ketika curah hujan tinggi," ujarnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat supaya turut andil menjaga kebersihan lingkungannya masing masing. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Mari bersama sama menjaga kebersihan lingkungan. Supaya lingkungan kita sehat dan nyaman," pungkasnya. (*)

 

Sumber: