Pimpinan DPRD Surabaya Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu 2024 Riang Gembira

Pimpinan DPRD Surabaya Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu 2024 Riang Gembira

Wakil Ketua DPRD Surabaya A Hermas Thony, -Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - DPRD Surabaya menyambut positif langkah Pemkot Surabaya bersama jajaran Forkopimda dan seluruh peserta politik yang mendeklarasikan Damai Pemilu 2024.

Disampaikan Wakil Ketua DPRD Surabaya A Hermas Thony, memang sudah menjadi komitmen dan keinginan bersama untuk menciptakan suasana Pemilu 2024 dengan riang gembira dan damai.

Hanya saja, kata politisi senior Gerindra ini, untuk pelaksanaannya memang harus diawali dengan pemahaman semua pihak.

"Karena pemilu ini kan tidak hanya melibatkan satu atau dua kekuatan saja, tapi melibatkan semua. Baik itu partai politik (parpol) maupun masyarakat luas,” ujar Thony, Senin, 23 Oktober 2023.

BACA JUGA:DPRD Surabaya Minta Lurah dan Camat Jangan Ada Pembiaran Terhadap Aset Pemkot

Dengan adanya deklarasi damai ini, menurutnya yang harus dilakukan oleh para deklarator adalah mensosialisasikan kepada semua jajaran di bawahnya. Termasuk bagaimana mengamankan kegiatannya.

Sebab, tidak menutup kemungkinan di dalam tahapan menuju pesta demokrasi itu ada kejadian-kejadian atau ada pihak-pihak yang bisa diindikasikan ingin menghancurkan proses pemilu ke depan.

"Yang tak kalah penting adalah peran para penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu. Diharapkan bisa memposisikan diri secara profesional. Hal ini dalam rangka menyongsong pemilu yang berintegritas dan berkualitas,” tandasnya.

Seperti diketahui, gerakan Damai Pemilu 2024 bertujuan untuk menciptakan pemilu damai dan mengantisipasi terjadinya gesekan-gesekan atau gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

BACA JUGA:Ratih Retnowati Berpulang, Rapat Paripurna DPRD Surabaya Sampaikan Dukacita dan Doa Bersama

Terlebih, Surabaya menjadi barometer perpolitikan nasional dan kondisinya terpantau cukup kondusif.

"Saya pikir semua pihak punya kewajiban untuk itu (menjaga kamtibmas)," tegas Thony.

Namun yang jelas, lanjut Thony, semua pihak sudah siap mendukung pemilu yang berintegritas, baik itu berkaitan dengan pembiayaannya maupun perangkat-perangkat lain dalam rangka pengamanan. Bahkan, Kapolrestabes Surabaya sudah menyampaikan siap untuk memback up itu.

"Ya, kami senang karena tidak hanya institusi pemerintah, tapi tokoh masyarakat, tokoh agama, dan ketua-ketua parpol siap menjaga agar pemilu berlangsung aman, lancar, dan damai,” ujarnya.

BACA JUGA:Derita Kanker, Anggota DPRD Surabaya Ratih Retnowati Disemayamkan di TPU Babat Jerawat

Kepada parpol peserta pemilu, Thony berpesan agar bisa menyampaikan  program-program kampanyenya dengan cara yang baik dan mengedukasi  masyarakat.

"Sehingga proses dari pemilu ke pemilu itu bisa menginformasikan kemajuan-kemajuan yang sudah dicapai. Kemudian juga menawarkan opsi-opsi penyelesaian masalah terhadap tantangan yang dihadapi ke depan,” tuntasnya.(bin)

Sumber: