Cegah Kenakalan Remaja, Kasatpol PP Kota Surabaya Ajak Orang Tua Awasi Pergaulan Anak

Cegah Kenakalan Remaja, Kasatpol PP Kota Surabaya Ajak Orang Tua Awasi Pergaulan Anak

Kapala Satpol PP Kota Surabaya M Fikser-Alfin-

SURABAYA, MEMORANDUM - Pemkot Surabaya melalui Tim Asuhan Rembulan Kota Surabaya terus berupaya menekan angka aksi gangster atau sekelompok remaja yang gemar membuat keributan di kota pahlawan ini. 

Tim tersebut khusus dibentuk pemkot bersama jajaran TNI dan Polri untuk mencegah tawuran remaja ataupun balap liar saat malam hari.

"Kita terus antisipasi dengan gencar melakukan patroli malam. Termasuk berkoordinasi dengan tiga pilar kecamatan masing-masing untuk memperkuat pencegahan atau deteksi dini agar tidak ada lagi tindakan yang dapat merugikan masyarakat, " kata M Fikser, Selasa, 17 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Marak Gangster di Surabaya, Satsamapta Polrestabes Surabaya Patroli di Titik Rawan Tawuran

BACA JUGA:Edan Tenan, Gangster Guk Guk Diciduk Saat Cari Lawan Tawuran

Mereka yang terjaring petugas khusus patroli malam rata rata masih berusia remaja. Mereka sebagian berstatus pelajar. 

Sebagai efek jera, mereka dikenakan saksi sosial. Mulai ditugasi melakukan edukasi dan sosialisasi kepada teman temannya di sekolah, maupun lingkungannya. 

BACA JUGA:Polsek Simokerto Bina Pelaku Tawuran

BACA JUGA:Lerai Tawuran di Pasuruan, Pemilik Warkop Disabet Celurit

Di mana mereka menjadi pelopor gerakan ketenteraman dan ketertiban. Sebagai upaya deteksi dini mencegah kenakalan remaja dan sebagai salah satu upaya mewujudkan kota ramah anak. 

"Ketika mereka terjaring kita lebih melakukan pembinaan karakter. Termasuk memanggil orang tua yang bersangkutan dan membuat surat pernyataan tidak mengulanginya. Namun ketika sudah ditemukan senjata tajam (sajam), akan kami serahkan kepada pihak kepolisian," kata Fikser. 

BACA JUGA:Dikejar Polisi, Puluhan Remaja Bersenjata Sarung di Pacar Kembang Surabaya Gagal Tawuran

BACA JUGA:Bawa Sajam Hendak Tawuran, Salahudin Divonis 1 Tahun Penjara

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Surabaya juga telah menyiapkan sekolah kebangsaan untuk anggota gangster yang terjaring dalam patroli. Hal itu dilakukan untuk pembentukan karakter bagi anak muda yang salah dalam pergaulan.

Sumber: