Sate Kelopo hingga Semanggi, Rekomendasi Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

Sate Kelopo hingga Semanggi, Rekomendasi Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

sate kelopo hingga semanggi menjadi makanan khas Surabaya yang wajib di coba-doc pergi kuliner-

MEMORANDUM-Liburan ke suatu daerah pasti tidak lengkap tanpa menikmati makanan khas daerahnya. Surabaya memiliki beragam tempat wisata dan makanan kuliner khas. Antara lain, sate kelopo, pecel semanggi dan lain-lain.

Selain makanan di atas ada juga minuman dan makanan manis yang wajib bisa dicoba. Ini dia Rekomendasi makanan khas Surabaya yang wajib dicoba.

Memorandum.disway.id merangkum 12 makanan khas Surabaya. Berikut daftarnya:

1. Sate Kelopo

Dalam bahasa Indonesia, sate klopo artinya sate kelapa. Sate klopo terbuat dari daging ayam dan daging sapi.

Makanan ini mirip dengan sate pada umumnya, yang membedakan adalah jeroan dan lemak sapi, serta tambahan parutan kelapa di bagian atas sate sebelum dibakar.

2. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi terdiri dari daun semanggi, tauge, daun ketela, dan bumbu kacang. Masakan ini disajikan di atas daun pisang yang dibentuk segitiga.

Bumbu pecel terbuat dari campuran ubi jalar, cabai, kacang tanah, terasi, dan gula merah. Ada kerupuk uli yang terbuat dari beras sebagai pendamping pecel semanggi.

BACA JUGA:Makanan Tradisional Bandung yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Kota Kembang

3. Rawon 

Rawon dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah kluwek. Kluwek adalah biji tanaman yang membuat warna kuah dan daging menjadi hitam.

Selain daging, dalam semangkuk Rawon Anda bisa menemukan campuran lainnya seperti tauge, timun, sambal yang menghasilkan rasa gurih dan pedas.

4. Rujak Cingur

Sumber: