Setahun Tragedi Itaewon, Korea Selatan Masih Berduka

Setahun Tragedi Itaewon, Korea Selatan Masih Berduka

Setahun berlalu sejak tragedi Itaewon, Korea Selatan masih berduka. --

SURABAYA, MEMORANDUM- Setahun telah berlalu sejak tragedi Itaewon, Korea Selatan masih berduka. Tragedi yang menewaskan 159 orang dan melukai ratusan lainnya ini menjadi salah satu peristiwa paling memilukan dalam sejarah negara tersebut.

 

Tragedi Itaewon terjadi pada malam tanggal 29 Oktober 2022, saat perayaan Festival Halloween di kawasan Itaewon, Seoul, Korea Selatan. Kerumunan besar di gang sempit Itaewon-Ro mengakibatkan terjadinya penghimpitan kerumunan. Akibatnya, ratusan orang terinjak-injak dan kehabisan napas.

 

Dari 159 korban tewas, sebagian besar adalah perempuan muda. Tragedi ini juga menewaskan aktor Lee Ji-han, yang saat itu sedang berada di Itaewon untuk merayakan Halloween.

BACA JUGA:Polri Periksa Artis Lucky Hakim di Kasus Dugaan Penistaan Agama Panji Gumilang

Tragedi Itaewon menjadi pukulan telak bagi Korea Selatan. Negara tersebut baru saja pulih dari pandemi COVID-19, dan tragedi ini menjadi peringatan bahwa bencana masih dapat terjadi kapan saja.

BACA JUGA:Tips Unik Sebelum Membeli Tas Bermerek ala Artis Cut Meyriska

Pemerintah Korea Selatan telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah berulangnya tragedi serupa. Langkah-langkah tersebut antara lain:

 

• Memperluas ruang publik di Itaewon

• Meningkatkan pengawasan kerumunan

• Meningkatkan edukasi tentang keselamatan publik

 

Sumber: