Gapoktan Bersama Polres Lamongan Gelar Pembinaan Potmas

Gapoktan Bersama Polres Lamongan Gelar Pembinaan Potmas

Polres Lamongan bersama Gabungan Kelompok Tani se Kecamatan Sekaran menggelar kegiatan Potmas--

LAMONGAN, MEMORANDUM - Satuan Binmas (Satbinmas) Polres LAMONGAN menggelar kegiatan Pemberdayaan dan Pembinaan Potensi Masyarakat (Potmas) Gapoktan se-Kecamatan Sekaran.

Kegiatan ini dilaksanakan tempatnya di Saung Desa Besur, Kecamatan Sekaran Kabupaten LAMONGAN, Jawa Timur, Senin pagi, 16 Oktober 2023.

Acara dimulai dengan pemberdayaan dan pembinaan potensi masyarakat yang dihadiri oleh peserta dari berbagai kelompok tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Sekaran.

Mereka menyampaikan permasalahan yang dihadapi terkait persiapan tanam dan bersama-sama mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

BACA JUGA:Polres Lamongan Tanam 300 Pohon Mangrove di Bibir Pantai

Salah satu kesepakatan penting yang dihasilkan dari pertemuan ini adalah keputusan untuk tidak menggunakan atau memasang jebakan tikus dari aliran listrik dalam persiapan tanam yang akan datang.

Hal ini diputuskan karena alat tersebut dianggap dapat membahayakan keselamatan petani dan orang lain di sekitarnya. Sebagai alternatif, para peserta sepakat untuk melaksanakan sistem gropyok tikus dan penggunaan racun tikus secara serentak.

Selain itu, dalam rangka mendukung persiapan tanam dan mengatasi serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) serta dampak fenomena iklim Musim Tanam 2023/2024 di wilayah Kecamatan Sekaran.

Satbinmas Polres Lamongan juga memberikan bantuan berupa sarana kontak berupa Seprey, alat semprot hama yang diserahkan kepada ketua kelompok tani dalam upaya meningkatkan efisiensi pertanian dan kualitas hasil pertanian di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Wakapolres Lamongan Berangkatkan 10 Truk Air Bersih di Desa Kedungkumpul

Sebagai bentuk komitmen Polres Lamongan untuk terlibat aktif dalam memajukan potensi masyarakat lokal dan mendukung upaya mereka dalam mengatasi tantangan pertanian yang dihadapi.

Dengan kerjasama antara Polres Lamongan, Poktan, Gapoktan, dan masyarakat setempat, diharapkan pertanian di Kecamatan Sekaran akan semakin berkembang dan produktif dalam menghadapi tantangan masa depan.(pul)

Sumber: