3 Manfaat Pemberian ASI Eklusif pada Bayi

3 Manfaat Pemberian ASI Eklusif pada Bayi

Ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber nutrisi yang tak ternilai harganya bagi bayi yang baru lahir. Pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 0 hingga 6 bulan memiliki peran vital dalam mendukung perkembangan dan kesehatannya.

ASI eksklusif bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan nutrisi fisik, tetapi juga berperan dalam membentuk fondasi kesehatan dan kecerdasan bagi si kecil.

BACA JUGA:Manfaat Menyanyikan Lagu Nina Bobo untuk Bayi

Berikut ini manfaat ASI eklusif bagi bayi :

1. Mencegah Terserang Penyakit

ASI eksklusif memiliki peran krusial dalam meningkatkan ketahanan tubuh bayi, sehingga dapat mencegahnya dari berbagai penyakit yang berpotensi mengancam kesehatannya. ASI mengandung antibodi alami yang membantu melawan infeksi dan menjaga bayi dari berbagai virus dan bakteri yang dapat merugikan kesehatannya.

BACA JUGA:Penyakit Kulit pada Bayi yang Umum Terjadi dan Cara Pencegahannya

BACA JUGA:Permintaan Bayi Tabung di Surabaya Meningkat

2.  Mendukung Perkembangan Otak dan Fisik Bayi

Pentingnya ASI eksklusif terletak pada dukungannya terhadap perkembangan otak dan fisik bayi. Selama enam bulan pertama, bayi dilarang mengkonsumsi nutrisi selain ASI. Oleh karena itu, ASI yang diberikan pada masa ini memiliki dampak besar pada pertumbuhan otak dan fisik si kecil di masa mendatang.

BACA JUGA:Kumpulan Doa Orang Tua untuk Anak dari Bayi sampai Dewasa, Bisa Diamalkan

3.   Meningkatkan Sistem Imun Bayi

ASI eksklusif mengandung zat-zat yang dapat memperkuat sistem imun bayi. Ini membantu melindungi bayi dari risiko infeksi dan penyakit yang umumnya lebih rentan menyerang bayi dengan sistem kekebalan tubuh yang belum sepenuhnya terbentuk.

Sumber: