Polsek Besuki Kawal Pengiriman Air Bersih ke Daerah Kekeringan

Polsek Besuki Kawal Pengiriman Air Bersih ke Daerah Kekeringan

Petugas mendistribusikan bantuan air bersih.--

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Musim kemarau panjang berdampak terjadinya kekeringan yang dirasakan oleh sejumlah masyarakat. Salah satunya warga di wilayah Kecamatan Besuki, Kabupaten TULUNGAGUNG.

Tidak hanya kekeringan, sejumlah warga di Desa/Kecamatan Besuki, terutama di Dusun Comanuk, juga mengalami kesulitan air bersih.

Guna bantuan kesulitan masyarakat di sana, Pemkab Tulungagung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengirimkan ribuan liter air bersih. Proses pengiriman itu pun mendapatkan pengawalan dari anggota Polsek Besuki.

Kapolsek Besuki AKP Haryono mengatakan, pengiriman dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terdampak.

"Kita kirimkan kepada masyarakat yang terdampak, sehingga bisa mencukupi kebutuhan air bersih," ujarnya, Rabu, 11 Oktober 2023.

Haryono menegaskan, kehadiran polisi untuk memastikan bantuan air bersih itu sampai kepada warga yang membutuhkan. Sehingga imbas kekeringan bisa diminimalkan, sekaligus membantu warga masyarakat terdampak untuk mendapatkan air bersih guna kebutuhan mereka sehari-hari.

“Kehadiran Polsek Besuki mendampingi BPBD dalam saluran air bersih membantu memastikan bahwa distribusi air bersih dilakukan dengan efisien dan aman,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, kemarau panjang kali ini bisa segera berlalu, dan musim hujan lekas datang, sehingga potensi kekeringan bisa diminimalkan.

Selain membantu penyaluran air bersih, pihaknya juga getol memberikan imbauan agar masyarakat tidak membakar hutan, serta tidak menebang pohon untuk menjaga kelestarian hutan. Sehingga, saat musim kemarau dapat menyimpan air dan pada saat musim pengujan tidak menyebabkan bencana tanah longsor atau banjir.

“Semoga upaya ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat yang membutuhkan dan menciptakan hubungan yang lebih erat antara Polsek Besuki, BPBD, dan komunitas setempat dalam mengatasi situasi darurat," pungkasnya. (*)

 

Sumber: