6 Gaya Hidup Sehat di Lingkungan Kerja yang Dapat Mengurangi Mager

6 Gaya Hidup Sehat di Lingkungan Kerja yang Dapat Mengurangi Mager

--

Senam Peregangan atau High Intensity Interval Training

Pekerjaan yang mengandalkan komputer sebagai alat kerja berisiko mengalami masalah kesehatan karena gaya hidup sedentari.

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat menganjurkan bagi para pekerja kantoran untuk melakukan streaching / peregangan. Senam peregangan dapat dilakukan dengan gerakan yang sederhana. 

                 
meregangkan otot--

Gerakannya cukup simpel memulainya dengan melenturkan leher ke depan-belakang, kanan-kiri, serta menoleh pelan-pelan. Selanjutnya, putar bahu ke depan dan belakang beberapa kali. Kemudian, putar pergelangan tangan dan kaki secara bergantian dan arahnya berlawanan arah.

dr.Sofi dalam kegiatan Danone Reunite menyarankan agar Kita pekerja yang terlalu lama diam ditempat duduk untuk setiap 30 atau 90 menit melakukan senam peregangan.

Ubah Posisi Duduk Setiap 30 Menit

Saat berkerja ada saja pegawai kantoran yang begitu serius menatap komputer membuat tubuh minim aktifitas fisik. Solusinya cukup mudah dengan menempelkan kertas  note di monitor komputer yang bertuliskan "setiap 30 menit ubah posisi duduk" atau gunakan alarm.

Tentunya merubah posisi duduk akan membuat tubuh bergerak dari kepala, leher, badan, tangan, jari, pinggul, bokong dan kaki. Sebaiknya selain merubah posisi duduk juga melakukan peregangan.

Naik Turun Tangga

Naik turun tangga merupakan solusi efektif untuk mendapatkan jatah waktu olahraga di masa pandemi Covid-19. Aktifitas fisik ini dapat menghindarkan dari gaya hidup sedentari. Untuk itu, mulai dari sekarang untuk naik tangga daripada naik lift bila ruangan kerja hanya di lantai 5. 

                     
naik tangga--    

Beristirahat Di Luar Ruangan Kerja

Ada saja pegawai kantoran yang waktu istirahat masih berada di ruangan kerja. Jika kamu pegawai kantoran yang memiliki waktu istirahat (ISHOMA), cobalah berjalan kaki selama beberapa menit di sekitar gedung kantor. (Mg6)

 

Sumber: