Gangsar 3 Karang Kitri: Pameran Seni Rupa FKY 2023 Kota Yogyakarta

Gangsar 3 Karang Kitri: Pameran Seni Rupa FKY 2023 Kota Yogyakarta

: Pameran Seni Rupa FKY 2023 Kota Yogyakarta.--

SURABAYA-Pameran Seni Rupa Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) tahun 2023 diselenggarakan kembali oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta.  

 

Pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 11 sampai 15 Oktober 2023 yang akan diikuti oleh 30 Perupa Kota Yogyakarta dan Bursa Seni yang diikuti oleh 10 Pengrajin Produk Kreatif Kota Yogyakarta di Ex Loop Station Telkom, Jalan Pangurakan no 2 Gondomanan, Yogyakarta yang dibuka pada hari ini (Rabu, 11 Oktober 2023) tepat pada pukul 19.00 WIB. Menggunakan tema besar Ketahanan Pangan, FKY 2023 memilih “Karang Kitri” sebagai judul acara di tahun ini. 

 

“Karang Kitri sendiri bermakna halaman pekarangan rumah yang ditanami oleh tanaman buah, sayur, dan tanaman obat,” kata Yetti Martanti  Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Rabu, 11 Oktober 2023.

 

Yetti menambahkan, Karang Kitri dapat dibilang sebagai salah satu strategi untuk mengantisipasi kekurangan bahan pangan, karena tanaman-tanaman tersebut terdiri dari beberapa bahan pangan utama yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. 

 

Dalam konteks kultur Jawa, imbuh Yetti, Karang Kitri merupakan sebuah upaya tata kala atas bahan pangan sejak di pekarangan sampai dengan ke meja makan. 

 

“Selain itu, Karang Kitri diyakini sebagai bentuk penghormatan atas tanah air dan udara yang telah membangun jasad dengan ragam aneka bahan pangan yang tersimpan dalam tanaman dan tumbuhan yang ada di pekarangan,” imbuhnya. 

 

Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta memberikan dukungan penuh kepada 30 Perupa Kota Yogyakarta dan 10 Pengrajin Produk Kreatif Kota Yogyakarta untuk membuat karya yang akan dipamerkan pada acara FKY 2023 dengan tujuan menginspirasi masyarakat. 

 

Sumber: