Dominasi Suara Pemilih, Anak Muda Didorong Ikut Andil Tentukan Arah Kebijakan

Dominasi Suara Pemilih, Anak Muda Didorong Ikut Andil Tentukan Arah Kebijakan

Surabaya Young Leader Forum bersama Aliansi BEM Surabaya menghelat diskusi publik.-Bintang-

"Kami mendesak pemerintah untuk melibatkan anak muda dalam proses-proses pembuatan kebijakan, meliputi perencanaan, penetapan, implementasi, pengawasan dan evaluasi. Hal ini untuk mendorong proses pembuatan kebijakan publik yang demokratis dan merepresentasikan kepentingan anak muda," papar Syharul.

 

Di samping itu, pihaknya juga mendorong tokoh yang mampu memperjuangkan penegakan hukum dan HAM serta demokrasi. Salah satu tokoh yang didorong yakni, Mahfud MD yang kini namanya disebut-sebut berpeluang mendampingi bacapres Ganjar Pranowo.

 

"Memberikan ruang dan kesempatan kepada sosok atau tokoh yang bersih, negarawan, dan memiliki visi dalam memperjuangkan penegakan hukum, HAM dan demokrasi serta berkomitmen tinggi pada agenda pemberantasan korupsi, seperti Prof Dr Mahfud MD untuk turut serta berkontestasi dalam Pemilu 2024," tandas Syahrul.

 

Sementara itu, Ketua Aliansi BEM Surabaya M Aqyas Sholeh mengatakan bahwa para pemuda ke depan bukan hanya dijadikan objek untuk memenangkan. Namun juga memastikan bahwa pemuda merupakan partisipasi maupun keinginan dan harapan-harapan merumuskan masa depan Indonesia yang lebih baik dan inklusif untuk generasi mendatang.

 

"Artinya apa bahwa hari ini kalau masing-masing calon presiden menginginkan kemenangannya, maka mereka harus melibatkan dan mengikutsertakan kepemudaan tersebut," ungkap Agyas.

 

Dalam diskusi publik yang berlangsung ganyeng ini, sejumlah narasumber dihadirkan. Di antaranya praktisi media H A Hakim Jayli MSi, praktisi hukum Johan Avie SH, dan akademisi Dr Suko Widodo MSi. (bin)

Sumber: