Dankogartap III/Surabaya Pimpin Ziarah Nasional di TMP 10 November

Dankogartap III/Surabaya Pimpin Ziarah Nasional di TMP 10 November

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf MA memimpin upacara ziarah nasional di TMP 10 November Surabaya.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI, unsur TNI dan Polri di wilayah Surabaya menggelar ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan 10 November, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Rabu, 4 Oktober 2023.

 

Acara ziarah nasional itu berlangsung khidmat. Diawali laporan penanggungjawab ziarah, mengheningkan cipta, peletakkan karangan bunga, penghormatan pada arwah para pahlawan, pembacaan doa, dan diakhiri tabur bunga di pusara para pahlawan. 

 

Pada kesempatan itu, Mayjen TNI Farid Makruf MA selaku  Pangdam V/Brawijaya sekaligus Dankogartap III/Surabaya memimpin upacara ziarah nasional. Dalam amanatnya mengatakan, bahwa ziarah ini sebagai bentuk penghormatan seluruh prajurit TNI serta Polri kepada para pahlawan yang gugur saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. 

 

“Ini adalah bagian dari rangkaian Peringatan HUT ke-78 TNI tahun 2023 yang selalu kita rayakan. Dan di Taman Makam Pahlawan ini, kita berdoa dan mengenang arti pengorbanan yang telah diberikan oleh para pendahulu kita kepada negara dan bangsa yang wajib kita jadikan tauladan sebagai generasi muda dan penerus perjuangan bangsa,” ujar Mayjen TNI Farid. 

 

Menurutnya, rangkaian ini penting untuk menjaga semangat mempertahankan kemerdekaan NKRI saat ini. 

 

“Tentu dalam kondisi berbeda. Kalau sebagian besar pahlawan berjuang saat era kemerdekaan, kita berjuang mengisi kemerdekaan dengan darma bakti kita di bidang masing-masing. Begitu juga kita sebagai TNI harus bekerja mempertahankan NKRI sesuai tugas pokok TNI,” tambahnya.

 

Mewakili para panglima matra TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, Mayjen TNI Farid Makruf berharap, seluruh prajurit TNI agar tetap bisa bersinergi dengan Polri dalam mengawal pelaksanaan pertahanan dan keamanan negara dengan lebih profesional, modern, dan tangguh.

 

Sumber: