Aksi Heroik Karyawati Minimarket Jember Lawan Pengutil

Aksi Heroik Karyawati Minimarket Jember Lawan Pengutil

Karyawati melawan terduga pelaku yang viral di media sosial.--

JEMBER, MEMORANDUM - Aksi heroik karyawati minimarket di JEMBER, Siti Aminah, viral di media sosial (medsos). 

Dalam video berdurasi 0,27 detik, Aminah terlihat mendorong pria paruh baya yang diduga mengutil di tokonya.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Karimata, Kelurahan/Kecamatan Sumbersari, pada Senin 2 Oktober 2023, pukul 09.00. Pria tersebut tampak mengenakan motor CBR putih berjaket, celana, helm, serta ransel hitam.

Dalam video, Aminah tampak mengejar pria tersebut hingga ke luar toko. Ia juga berteriak meminta pertolongan, namun tak dihiraukan oleh pengguna jalan dan warga sekitar.

Abdul Syukur, salah satu teman Aminah, mengatakan bahwa pria tersebut diduga mengutil sejumlah barang dari toko. Aminah yang mengetahui hal tersebut langsung mengejar pria tersebut.

"Dia (Aminah) melihat pria itu memasukkan beberapa jenis barang ke dalam sakunya jaket nya sementara ia hanya membayar satu botol air minum. Namun beberapa yang dimasukkan ke dalam jaket tak dibayar. Dia langsung mengejarnya," kata Syukur.

Syukur mengatakan, bahwa Aminah sempat cekcok dan mencoba berebut serta memukul pria tersebut, namun pria tersebut berhasil kabur. Aminah kemudian melaporkan kepimpinan agar kejadian tersebut dilaporkan ke polisi.

"Pelaku mengantongi pasta gigi, dua buah minyak rambut, dan minyak wangi, yang tidak lebih dari dau ratus ribu. Namun kalau ada kekurangan menjadi tanggung jawab karyawan, " tutur Syukur.

Aksi heroik Aminah mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Banyak warganet yang memuji keberanian Aminah untuk melawan pengutil.

"Karyawati ini patut diacungi jempol. Dia berani melawan pelaku pengutil," kata salah satu warganet di media sosial.

"Semoga terduga pelaku segera ditangkap dan dihukum seberat-beratnya," kata warganet lainnya. Hingga berita ini ditulis, polisi masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. 

Sementara Kapolsek Sumbersari Kompol Sugeng Pianto menerangkan, setelah kejadian telah mendatangi TKP, namun dari pihak perusahaan hingga saat ini belum melaporkan.

"Kami sangat menyangkan pada masyarakat dan pengguna jalan di Jalan Karimata yang ramai tidak ada yang ingin menolong, ketika ada seorang karyawan perempuan yang bergulat dengan pencuri. " pungkasnya. (*)

 

Sumber: