Pegawai Kanim Kelas I TPI Manado Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Pegawai Kanim Kelas I TPI Manado Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di halaman Kantor Imigrasi Manado.--

MANADO, MEMORANDUM -  Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di halaman Kantor Imigrasi Manado, Senin, 2 Oktober 2023.

 

Upacara Hari Kesaktian Pancasila dipimpin Kepala Sub Bagian Tata Usaha Fajar Wibawa yang bertindak sebagai inspektur upacara dan komandan upacara, Kepala Sub Seksi Intelijen Keimigrasian Jefri Manubura.

 

Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti seluruh pegawai Imigrasi Manado ini diperingati untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia dalam peristiwa G30S/PKI.

 

Dalam rangkaian upacara, Kasubag TU membacakan naskah sambutan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna H Laoly.

 

BACA JUGA:Polrestabes Surabaya Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

BACA JUGA:Kajati Jatim Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

 

"Mengapa Pancasila itu sakti, selalu dapat bertahan dan terus dapat menunjukkan eksistensinya dari guncangan kisruh politik di negara ini? jawabannya adalah karena Pancasila itu merupakan media pemersatu bangsa yang di dalamnnya terkandung nilai-nilai toleransi, harmonisasi dan bersifat terbuka mengikuti perkembangan jaman. Pancasila hadir atas karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa kepada Indonesia dan petunjuk bagi seluruh bangsa Indonesia dalam memajukan bangsanya di masa-masa yang akan datang," ujar Fajar Wibawa dalam membacakan sambutan Menkumham.

 

Adapun tema yang diusung dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju” dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang ideologi Pancasila sebagai pondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan dengan ideologi lainnya. (mik/fer)

Sumber: