Bhabinkamtibmas Polsek Sekaran Ajak Masyarakat Ngopling Mas

Bhabinkamtibmas Polsek Sekaran Ajak Masyarakat Ngopling Mas

Bhabinkamtibmas Polsek Sekaran Bripka Dimas Dwi Kuncoro ngobrol santai dengan warga.--

Lamongan, Memorandum - Kepolisian sebagai garda terdepan dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat tidak hanya berperan sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai mitra yang proaktif dalam membentuk hubungan yang erat dengan masyarakat.

Hal ini terbukti dengan inisiatif Bripka Dimas Dwi Kuncoro, Bhabinkamtibmas Desa Porodeso, yang melaksanakan kegiatan Ngopling Mas (Ngobrol Ngopi Keliling Kamtibmas).

Kegiatan Ngopling Mas ini merupakan langkah inovatif yang diambil oBripka Dimas Dwi Kuncoro untuk mendekatkan diri dengan masyarakat desa.

Kegiatan ini berfokus pada obrolan santai dengan masyarakat sambil menikmati secangkir kopi, sambil memberikan imbauan dan edukasi terkait kamtibmas.

Dalam setiap pertemuan Ngopling Mas, Bripka Dimas Dwi Kuncoro aktif mendengarkan keluhan, masukan, dan aspirasi masyarakat.

Hal ini membantu membangun komunikasi yang lebih baik antara kepolisian dan masyarakat serta memperkuat rasa kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian.

Selain berfungsi sebagai wadah berdialog, Ngopling Mas juga digunakan sebagai sarana penyampaian informasi terkait dengan pencegahan tindak kriminal dan pentingnya menjaga ketertiban dalam masyarakat.

Imbauan tentang keamanan dalam beraktivitas sehari-hari, tindakan pencegahan, serta langkah-langkah yang harus diambil dalam situasi darurat juga menjadi bagian dari kegiatan ini.

Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha, SIK MSi menyatakan, bahwa seluruh anggota kepolisian di wilayah hukum Polres Lamongan sudah mengemban tugas sebagai bhabinkamtibmas di wilayah masing-masing.

“Kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah sambang desa yang biasanya dimulai dengan mengobrol santai bersama masyarakat, memberikan imbauan-imbauan dan bertukar informasi terkait perkembangan yang ada di desa tersebut sambil mendengarkan keluh kesah dan memberikan solusi terbaik demi kenyamanan bersama,” jelas AKBP Yakhob.

Diharapkan, kegiatan Ngopling Mas yang dilaksanakan Bripka Dimas Dwi Kuncoro akan terus berlanjut dan menjadi contoh positif bagi anggota kepolisian lainnya dalam mendekatkan diri dengan masyarakat.

"Sinergi yang terjalin antara kepolisian dan masyarakat adalah kunci dalam menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis," pungkas AKBP Yakhob.(hms/fer)

Sumber: