Mahasiswa Modul Nusantara UPN “Veteran” Jawa Timur Kunjungi Candi Brahu Mojokerto

Mahasiswa Modul Nusantara UPN “Veteran” Jawa Timur Kunjungi Candi Brahu Mojokerto

Mahasiswa Modul Nusantara UPN Veteran Jawa Timur Kunjungi Candi Brahu Mojokerto--

SURABAYA, MEMORANDUM - Mahasiswa Modul Nusantara UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan kunjungan ke Candi Brahu, Desa Bejijong, Mojokerto.

Kunjungan ini bertujuan untuk menelisik nilai sejarah dan dialog napak tilas kerajaan Majapahit.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah salah satu dari delapan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Modul Nusantara merupakan rangkaian kegiatan yang difokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.

Candi Brahu adalah salah satu bangunan peninggalan Kerajaan Majapahit yang pernah berdiri di Indonesia diperkirakan sejak abad ke 15 M.

Melalui kegiatan ini, Dosen Kelompok 11 Jalasveva Jayamahe Farikha Rachmawati, M.I.Kom mengajak mahasiswa menelisik sejarah dan nilai-nilai kerajaan majapahit yang mandarah daging seperti bendera merah putih dari buku Negara Kertagama, kemudian Bhinneka Tunggal Ika dari kitab Sutasoma.

Pemaparan napak tilas kerajaan Majapahit dibawakan oleh Budayawan Niken dari SMPN 1 Sooko. Dialog membahas pemugaran candi candi di Jawa Timur hingga mitos dan budaya setempat.

Mahasiswa mengajukan beberapa pertanyaan tentang bentuk dan bahan bangunan. Mahasiswa PMM3 juga diminta untuk aktif merefleksikan peninggalan kerajaan dari daerah masing-masing.

"Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan dan berkomitmen turut serta melestarikan peninggalan budaya di daerah masing-masing," Farikha Rachmawati, Selasa (19/9/2023). (*)

Sumber: