4 Tips Meningkatkan Kemampuan Public Speaking dan Negosiasi Bisnis untuk UMKM dari Dosen UC Monika Teguh
Dosen Universitas Ciputra Surabaya Monika Teguh--
SURABAYA, MEMORANDUM - Dosen Universitas Ciputra Surabaya Monika Teguh S.Sos., M.Med.Kom memberikan tips meningkatkan kemampuan public speaking dan negosiasi bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).
"Sebelum belajar mengenai teknik-teknik public speaking dan negosiasi, ada perlunya kita memahami terlebih dahulu tentang dasar komunikasi, supaya kita bisa berkomunikasi di depan orang banyak atau bernegosiasi dengan klien," ujar Monika Teguh pada Senin 18 September 2023.
Menurut Monika Teguh, materi mengenai dasar-dasar komunikasi bagi UMKM itu ia sampaikan dalam acara public speaking & Negosiasi Bisnis (Elevator Pitch) yang digelar di acara webinar pada tanggal 6 September 2023.
Dosen program studi Ilmu Komunikas Universitas Ciputra Surabaya itu menambahkan, dasar utama sebelum melangkah ke dunia public speaking dan negosiasi adalah komunikasi interpersonal.
"Belajarlah untuk berbicara kepada diri sendiri terlebih dahulu barulah kita berbicara kepada orang lain. Hal ini bisa kita lakukan dalam bentuk doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, selanjutnya kita bisa belajar untuk memasukkan hal-hal baik atau positif ke dalam diri kita. Yakinkan diri anda sendiri, bahwa anda mampu untuk melakukan bisnis ini," tutur alumnus Universitas Kristen Petra Surabaya ini.
Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan public speaking dan negosiasi:
1. Customer
Sebelum kita melakukan bernegosiasi atau public speaking, sangat penting bagi kita untuk dapat memahami calon Customer atau audiens kita seperti apa. Cari tahu terlebih dahulu tentang apa kebutuhan, keinginan, atau kesukaan mereka, supaya kita dapat menyesuaikan dengan apa yang akan kita sampaikan saat negosiasi ataupun public speaking.
2. Cost
Cost adalah ketika seseorang membandingkan tentang harga dibandingkan dengan nilai yang mereka dapatkan. Komunikasikan nilai dari produk anda, dan tunjukkan value nya kepada Customer. “Ada nilai produk yang tidak bisa 100% dibandingkan dengan harganya.” ujar Monika.
3. Convenience
Convenience atau kenyamanan seseorang, ketika kita bernegosiasi kita harus memikirkan kenyamanan dari lawan bicara kita. Pertama berikan mereka kemudahan. Gunakan bahasa yang mudah diterima dan dipahami oleh calon konsumen anda. Kedua, pengalaman saat berkomunikasi dengan konsumen juga tidak kalah penting. Tips nomor satu dalam memberikan pengalaman komunikasi yang baik adalah ramah. Berikan keramahan yang baik dan sikap profesional kepada calon Customer, karena ini akan menjadi kunci agar Customer dapat membeli produk kita. Selain itu, jangan memaksa, karena hal tersebut dapat memberikan ketidaknyamanan kepada calon Customer.
4. Communication
- Media & saluran
Di jaman ini, media sosial sudah merajalela. Maka dari itu, kita bisa memanfaatkan sosial media untuk bernegosiasi dengan calon Customer. Media massa dan media sosial dapat menjadi tempat yang tepat untuk berkomunikasi dengan calon Customer, contohnya kita dapat mempromosikan produk kita di berbagai media sosial, seperti Instagram, Shopee, Tiktok, dan masih banyak lagi.
“Siapkan diri anda untuk mengikuti perkembangan-perkembangan media yang ada saat ini.” tutur Monika.
- Konsistensi
Saat kita bernegosiasi atau public speaking, konsistensi itu sangat penting. Setiap kali kita mau menawarkan sesuatu, olah terlebih dahulu informasinya dengan benar. Jangan bingung dengan produk anda sendiri, setelah itu barulah kita bisa melakukan negosiasi dengan calon Customer dengan baik. (*)
Sumber: