Surabaya Juara Umum Porprov VIII Jatim 2023

Surabaya Juara Umum Porprov VIII Jatim 2023

Closing Ceremony Porprov VIII Jatim 2023.--

Mojokerto, Memorandum - Closing Ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jatim 2023 resmi ditutup  Sekdaprov Jatim Adhy Karyono di Stadion Gajah Mada Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (16/9/2023) malam. Penutupan porprov berlangsung sangat meriah yang dihadiri ribuan penonton. 

Tema dalam Closing Ceremony Porprov VIII Jatim 2023 adalah Full Majapahit Greatness. Penampilan tarian kolosal yang mengangkat sejarah kejayaan Majapahit. Selanjutnya, penampilan artis ibu kota Dudy Oris, mantan vokalis Yovie n Nuno dan Kangen Band, serta pesta kembang api.

Kota Surabaya menjadi Juara Umum dalam Porprov VIII Jatim 2023. Kota Pahlawan berhasil memperoleh 163 emas 125 perak 110 perunggu.

Sekdaprov Adhy Karyono mengungkapkan rasa bangganya atas kesuksesan penyelenggaraan Porprov VIII Jatim 2023. Tak hanya sukses penyelenggaraan tetapi juga sukses prestasi yang dibuktikan dengan 85 pemecahan rekor.

"Acara ini sangat sukses, ditandai dengan prestasi yang semakin tinggi karena terdapat 85 pecah rekor. Ini pertanda bahwa kita ada peningkatan," ungkap Adhy.

Tak hanya itu, mantan pejabat Kemensos RI itu mengatakan, Porprov sukses memberikan berkah terhadap masyarakat sekitar yang memberikan dampak peningkatan ekonomi. Seperti contoh di Kabupaten Mojokerto yang sementara tercatat terjadi perputaran ekonomi sebesar Rp 14 miliar.

"Dampak penyelenggaraan porprov tidak hanya diukur prestasi tapi juga dampak ekonominya. Tadi ada Rp14 miliar ini sesuai kebijakan kami gimana sport industry, sport tourism yang memberikan dampak dari event olahraga," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim M Nabil menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemprov Jatim dan semua pihak terlibat, khususnya tuan rumah yang menyukseskan multievent dua tahunan ini.

Apresiasi tinggi juga disampaikan kepada seluruh kabupaten kota yang melakukan pembinaan. Ia merasa bangga Porprov kali ini ada peningkatan prestasi yang luar biasa.

"Ada sejarah baru dalam Porprov yang membanggakan bagi Jatim, tidak tanggung tanggung ada 85 pecah rekor yang dilakukan Atlet Jatim. Ini modal bagi kami untuk pembinaan di PON berikutnya sudah ada atlet prestasi luar biasa," ujar Nabil.

Selain itu, dari sebaran medali meski masih dipegang Kota Surabaya sebagai juara umum, namun sudah memperlihatkan adanya penyebaran medali yang tidak didominasi satu daerah saja.

Selanjutnya, sesuai keputusan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa telah ditetapkan gelaran Porprov IX Jatim 2025 akan diselenggarakan di Malang Raya meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. (rid/fer)

Sumber: