Kemajuan Teknologi, Polisi Wajib Berikan Layanan Prima lewat Layanan Command Center

Kemajuan Teknologi, Polisi Wajib Berikan Layanan Prima lewat Layanan Command Center

Moch Widodo--

Surabaya, Memorandum - Respons cepat petugas kepolisian sebagai pelindung masyarakat sangat diperlukan. Kendati demikian, seiring kemajuan teknologi kecepatan dapat melaporkan kejahatan menjadi peranan penting. Seperti halnya Command Center (CC) 110 Polrestabes Surabaya harus menjadi andalan warga Surabaya ketika dalam kondisi kedaruratan.

"Sebenarnya kalau bicara keamanan dan perlindungan masyarakat, itu sangatlah dibutuhkan. Terlebih untuk wilayah wilayah yang rawan," kata Moch Widodo, warga Surabaya, Jumat (15/9/2023).

Namun selama ini warga Kota Surabaya cenderung melaporkan segala bentuk kejadian, baik itu kejahatan jalanan, laka lantas, hingga ganguan kantibmas ke CC 112. Sebab, layanan kepolisian melalui CC 110 tidak memberikan pelayanan prima.

"Apalagi ada semacam program Command Center seperti Pemkot 112, mungkin warga malah senang. Respons cepat inilah yang memang sangat diharapkan warga. Namun sebaliknya kepolisian juga punya andil penting dalam hal ini sebagai pelindung masyarakat, sehingga layanan CC 110 itu harus difungsikan dengan maksimal," terangnya.

Pihaknya juga sering menyampaikan ke ketua RT/RW, jika di internal mereka mengadakan musyawarah atau rapat warga mengundang 3 pilar (Polri, TNI, unsur pemerintahan setempat).

"Karena persoalan di lingkungan bukan hanya masalah pembangunan atau masalah sosial. Tapi juga keamanan. Terlebih dalam kondisi seperti sekarang ini. Keamanan lingkungan sangat sangatlah diperlukan. Jika sering terjadi komunikasi itu RT/RW sangatlah terbantu. Apalagi ada Command Center yang kaitannya dengan Kejahatan inshaa Allah sangatlah membantu. Akan tetapi selama ini saya gak pernah lihat Command Center (CC 110) terkait kejahatan," urainya.

Sehingga pihaknya mendorong pihak terkait menyosialisasikan CC 110, karena banyak masyarakat yang awam dengan CC 110.

"Ada atau tidak juga saya belum tahu. Kalau pun toh ada mungkin sosialisasi ke masyarakat kurang. Saya berharap respon gerak cepat petugas atau aparat yang berwenang atau instansi terkait jika terjadi tindak kejahatan adanya laporan warga dengan bekerja bersama masyarakat yang terkecil juga menumbuhkan citra nama baik Polsi sesuai slogan melindungi,mengayomi, dan melayani akan mendapatkan kepercayaan publik melalui modernisasi seperti ini," pungkasnya. (alf/fer)

Sumber: