Memorandum Umrah Holiday Expo 2023 Dibuka Kabid PHU Kanwil Kemenag Jatim

Memorandum Umrah Holiday Expo 2023 Dibuka Kabid PHU Kanwil Kemenag Jatim

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Abdul Haris Hasan didampingi Direktur Utama Memorandum Choirul Shodiq dan Pimpinan Perusahaan Memorandum Yoyok Khayatullah.--

Surabaya, MemorandumMemorandum Umrah Holiday Expo 2023 resmi dibuka Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Abdul Haris Hasan. Kegiatan yang dihelat selama 5 hari, mulai Rabu (13/9/2023) hingga Minggu (17/9/2023) ini berlangsung di Atrium Royal Plaza Surabaya. Total ada sebanyak 18 peserta travel umrah dan haji yang sudah memiliki legalitas resmi yang dihadirkan dengan beragam promo menarik bagi masyarakat. 

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Abdul Haris Hasan yang mewakili Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Husnul Maram secara simbolis membuka pameran travel haji dan umrah terbesar di Jawa Timur. "Bismillahirrahmanirrahim, kami buka pameran Memorandum Umrah Holiday Expo 2023 ini," kata Abdul Haris Hasan.

Haris berharap dalam momentum pameran travel haji dan umrah betajuk Memorandum Umrah Holiday Expo 2023, mudah mudahan kegiatan ini bersamaan dengan ridho Allah SWT. 

"Saya yakin momentum kali ini bisa mengedukasi bagi masyarakat kita. Karena itu kami menyampaikan apreisasi yang setinggi tingginya kepada Media Memorandum yang telah menginisiasi kegiatan ini," ujar Haris.

Haris menambahkan, kegiatan pameran tidak hanya sekadar berorientasi profit atau bisnis.

"Tetapi kita berharap lebih dari itu, terutama memberikan edukasi terhadap masyarakat bahwa peserta yang hadir dalam pameran ini, travel travel penyelenggara ibadah umrah dan haji yang memiliki legalitas yang resmi dan memiliki izin resmi dari kementrian agama," tuturnya.

Dalam kesempatan yang meriah ini, Haris juga menghimbau kepada masyarakat atau calon jemaah agar tidak salah memilih travel umrah atau haji.

"Dan ini saya yakin seringkali diekspos oleh teman teman media, termasuk Memorandum memberikan edukasi terhadap masyarakat bagaimana memilih travel travel yang berizin, apakah untuk umrah atau untuk haji khusus.

Karena terus terang, banyak sekali masyarakat  kita yang dirugikan oleh penyelengara atau travel umrah yang berorientasi murah, tetapi pada kenyataanya tidak berangkat," paparnya.

Sehingga, pihaknya mengaku, banyak aduan dan keluhan yang diterima Kanwil Kemenag Jatim terkait calon jemaah umrah atau haji yang gagal berangkat ke tanah suci.

"Dan saat ini kami mempunyai beban yang luar biasa untuk jemaah jemaah kita yang ada di Jatim, yang sering mengeluh dan mengadu pada kami bahwa sudah daftar, memilih umrah yang berorientasi murah, namun pada saat akan berangkat sesuai jadwal, tetapi tidak jadi berangkat. Itu korbannya sudah ribuan. Dan sekarang ada yang berproses untuk berangkat, tapi ada yang berproses juga di pengadilan dan kepolisian," tandasnya.

Oleh karena itu, melalui kegiatan Memorandum Umrah Holiday Expo 2023 bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang travel umrah atau haji yang memiliki legalitas jelas sekaligus sudah terpercaya dalam memberikan layanan terhadap jemaah.

"Kementerian Agama Provinsi Jatim khususnya bidang haji memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Media Memorandum yang telah ikut serta mengedukasi masyarakat melalui forum forum seperti ini. Saya ucapkan kembali terima kasih karena melalui kegiatan Memorandum Umrah Holiday Expo 2023 bisa memberi edukasi kepada masyarakat kita untuk mengetahui mana mana travel umrah dan haji yang berizin. Dan hadir 18 travel umrah dan haji di tempat ini, saya yakinkan bahwa semuanya ini telah memiliki izin dan travel ini memiliki legalitas serta prestasi di dalam memberikan layanan kepada jamaah jemaah kita," paparnya.

Adapun ke-18 travel terbaik tersebut di antaranya ada stan dari Al Andalus Nusantara, PT Bakkah Berkah Mulia, PT Ebad Al Rahman, Persada Indonesia, Hisar Global Indonesia, Ziarah Hati Indonesia, Atria Tour & Travel, Em Abror, ZamZam Berkah Utama, Riandha Tour & Travel, PT Panglima Ekspres, Ashfa Showarakum Haramain, Renazkia Wisata, Bin Dawood, An Namiroh, Rieski Akbar Tourindo, Bank BSI, dan Top Legal. (alf/fer)

Sumber: