Menang Tipis 1:0 Atas Peru, Brazil Masih Kokoh di Puncak

Menang Tipis 1:0 Atas Peru, Brazil Masih Kokoh di Puncak

Pemain Brazil saat merayakan gol.--

Lima, Memorandum - Brasil berhasil mengalahkan tuan rumah Peru dengan skor tipis 1:0 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kemenangan 1-0 didapat Brasil berkat gol di menit-menit akhir.

Laga Peru vs Brasil digelar di Stadion Nasional Lima pada Rabu (13/9/2023) pukul 09:00 WIB pagi. Marquinhos bek asal klub PSG menjadi penentu kemenangan tim samba Brazil lewat golnya di akhir laga pada menit ke-90.

Pada awal laga, tim tuan rumah Peru bermain dengan cukup berani dengan menakan Brazil. Kerja sama Andy Polo dengan Andre Carrillo digagalkan usai Gabriel Magalhaes melakukan tekel keras. Selanjutnya Ederson mesti keluar dari area penalti untuk menghalau umpan panjang Luis Abram kepada Paolo Guerrero.

Pada menit ke-17, Brasil membobol gawang Peru melalui Raphinha. Namun sayangnya gol itu mesti dianulir karena offside

Sekitar 10 menit kemudian, gawang Peru bergetar lagi. Richarlison menyambut umpan silang Bruno Guimares dengan sundulannya. Akan tetapi, Brasil belum beruntung karena gol kembali dianulir. Sebab Richarilson dinyatakan offside setelah pemeriksaan melalui VAR.

Jelang turun minum, Brasil mengancam. Mendapatkan kawalan ketat dari dua pemain lawan, Raphinha mengirim umpan terobosan kepada Neymar. Umpan tersebut diteruskan dengan tendangan dari sudut sempit meski masih bisa diselamatkan Pedro Gallese.

Selepas turun minum, kedua tim sama-sama kesulitan menciptakan peluang. Tak banyak peluang yang kedua tim miliki. Praktis peluang baru tercipta melalui tendangan spekulasi jarak jauh Raphinha pada menit ke-73 yang masih sanggup ditangkis penjaga gawang Pedro Gallese.

Akhirnya gol berhasil diciptakan Brazil. Marquinhos berhasil memecah kebuntuan usai sundulannya menjebol jala lawan hasil umpan sepak pojok Neymar padaenit ke-90.

Sementara itu rival Brazil, Argentina berhasil mengalahkan tuan rumah Bolivia 3:0. Ketiga gol Argentina dicetak oleh Enzo Fernandez menit 31, Nicolas Tagliafico menit ke-42, dan Nicolas Gonzales pada menit ke-83.

Dalam pertandingan ini, Bolivia harus bermain dengan 10 orang pemain usai aroberto Fernandez mendapatkan kartu merah pada menit ke-39.

Dengan hasil ini Brazil masih memuncaki klasmen sementara Kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebel dengan poin 6 disusul Argentina yang hanya kalah selisih gol.(rid/ziz)

Hasil pertandingan lain:
Bolivia vs Argentina 0:3
Ekuador vs Uruguay 2:1
Venezuela vs Paraguay 1:0
Chile vs Kolombia 0:0
Peru vs Brazil 0:1

5 Besar Klasmen Sementara:
1. Brazil 2 0 0 6:1 6
2. Argentina 2 0 0 4:0 6
3. Kolombia 2 1 1 0 1:0 4
4. Uruguay 2 1 0 1 4:3 3
5. Venezuela 2 1 0 1 1:1 3

Sumber: